Kamis, 05 Juni 2014

Mentimun


Tentang Mentimun dan Manfaatnya

Mentimun adalah termasuk buah yang dihasilkan dari tanaman yang biasa di konsumsi oleh masyarakat di Indonesia yang mudah di temui di pasar-pasar tradisional dan supermarket yang menjadi pelengkap menu makanan biasanya dipakai untuk lalapan dan acar juga salah satu bahan rujak dan lotek. Mentimun juga dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia misalnya makanan pembuka berupa salad dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan dan meningkatkan selera makan.

Seperti Apa Mentimun Itu

Mentimun dengan nama ilmiah Cucumis sativus L adalah buah yang dihasilkan tanaman setengah merambat dan merupakan tanaman semusim yaitu setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit . Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Mentimun mempunyai buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar