Minggu, 18 Mei 2014

Alang-Alang


Alang-Alang Tanaman Gulma yang Banyak Manfaatnya


Alang-alang bagi sebagian orang terutama di perkotaan mungkin tidak di kenal atau tanaman yang tidak dianggap walaupun kita sering melihatnya karena dapat mudah untuk menemukan tanaman ini karena dapat tumbuh dimana-mana seperti di tepi jalan-jalan, lahan-lahan kosong, persawahan,hutan, lapangan berumpun, di pekarangan rumah dan lain sebagainya. Mungkin tanaman yang disebut juga ilalang ini dari segi fisik tidak begitu indah dan cantik untuk di jadikan pemandangan namun mempunyai banyak manfaat bagi manusia .

manfaat alang-alang


Seperti Apa Alang-Alang Itu


Alang-alang dengan nama ilmiah Imperata cylindrica dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae adalah tanaman sejenis rumput berdaun tajam dengan tunas panjang dan bersisik, merayap di bawah tanah. Ujung (pucuk) tunas yang muncul di tanah runcing tajam, serupa ranjau duri. Batang pendek, menjulang naik ke atas tanah dan berbunga, sebagian kerapkali (merah) keunguan, kerapkali dengan karangan rambut di bawah buku. Tinggi 0,2 – 1,5 m, di tempat-tempat lain mungkin lebih.

Bentuk helaian daun berupa garis (pita panjang) lanset berujung runcing, dengan pangkal yang menyempit dan berbentuk talang, panjang 12-80 cm, bertepi sangat kasar dan bergerigi tajam, berambut panjang di pangkalnya, dengan tulang daun yang lebar dan pucat di tengahnya. Karangan bunga dalam malai, 6-28 cm panjangnya, dengan anak bulir berambut panjang (putih) lk. 1 cm, sebagai alat melayang bulir buah bila masak.

Alang-alang adalah tanaman yang tidak suka tumbuh lahan-lahan yang gersang serta banyak bebatuan, tanaman rumput ini lebih menyukai hidup di lahan-lahan yang subur baik itu lahan yang lembab atau kering. Di alam bebas tanaman ini tumbuh pada ketinggian 2700 m di atas permukaan laut, biasanya tumbuh dengan subur apabila mendapatkan suplai sinar matahari yang banyak. Karena dapat tumbuh dengan subur dan cepat maka tanaman ini di anggap gulma yang akan bermasalah bagi tanaman pokok yang ditanam petani.
Penyebaran ilalang secara alami dimulai dari India hingga ke Asia timur, Asia Tenggara, Mikronesia dan Australia. Kini alang-alang juga ditemukan di Asia utara, Eropa, Afrika, Amerika dan di beberapa kepulauan.

Manfaat Alang-Alang Bagi Manusia


Walaupun alang-alang dianggap tanaman gulma namun mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai berikut :

1. Di daerah pedesaan Indonesia terutama di Bali dan daerah –daerah di Indonesia timur pada umumnya daun alang-alang dimanfaatkan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainny juga kerap digunakan sebagai mulsa untuk melindungi tanah di lahan pertanian. Serat halus dari malai bunganya kadang-kadang digunakan sebagai pengganti kapuk, untuk mengisi alas tidur atau bantal.

2. Alang-alang umumnya digunakan untuk melindungi lahan-lahan terbuka yang mudah tererosi. Kecepatan tumbuh, jalinan rimpang alang-alang di bawah tanah, serta tutupan daunnya yang rapat, memberikan manfaat perlindungan yang dibutuhkan itu.

3. Manfaat Akar Alang-Alang Sebagai Obat Untuk Meluruhkan Air Seni

Siapkan 40 sembalan rimpang alang-lang yang sudah kering kemudian dipotong kecil-kecil. Rebus rimpang yang sudah dipotong-potong tsb dengan air bersih sebanyak 2 gelas, tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air rebusan tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan kemudian saring ampasnya. Minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiat dan manfaat akar alang-alang sebagai obat peluruh air seni
.
4. Manfaat akar alang-alang sebagai obat penyakit ginjal akut

Siapkan akar alang-alang yang segar sebanyak 60 – 120 gram, potong-potong akar menjadi ukuran kecil, lalu cuci dan bersihkan sampai benar-benar bersih. Rebuslah akar dengan air bersih sebanyak 3 gelas. Tunggu dan biarkan rebusan mendidih hingga air tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan air rebusan dan saringlah untuk memisahkan ampas. Minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiat dan manfaat akar alang-alang sebagai obat penyakit ginjal akut.

5. Manfaat Akar Alang-Alang Sebagai Obat Penyakit Kencing Berdarah

Siapkan akar segar akar alang-alang sebanyak kira-kira 100 gram, cuci dan bersihkan akar sampai benar-benar bersih. Rebuslah dengan 2 gelas air bersih, tunggu mendidih hingga air rebusan tersisa setengahnya. Keemudian angkat dan dinginkan, saring air rebusan akar alang-alang untuk memisahkan ampasnya.  Minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk mendapatkan manfaat akar alang-alang sebagai obat kencing darah.

6. Mengobati Panas Dalam 

Walaupun sekarang ada beberapa produsen obat untuk panas dalam dengan menggunakan alang-alang tidak ada salahnya untuk mencoba dengan cara alami yang bisa dilakukan di rumah yaitu dengan cara ambil satu ikat atau gulung akar alang-alang. Cuci dan rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Campur air perasan satu buah jeruk nipis dengan tiga sendok makan air alang-alang tersebut. Pakai seperlunya. Tambahkan pemanis bila ramuan ini ditujukan untuk anak-anak.

Referensi
Alang-Alang. http://id.wikipedia.org/wiki/Alang-alang. ( 18 mei 2014 )
Dan berbagai sumber

Baca juga artikel tentang fakta-fakta menarik hewan unggas yang paling terkenal yaitu Ayam







Tidak ada komentar:

Posting Komentar