Kamis, 01 Mei 2014

Bawang Putih


Lebih Detil Mengenal Bawang Putih 


Kalau berbicara tentang bawang putih maka akan di hubung-hubungkan dengan hal-hal mistis misalnya kalau kita melihat film drakula dimana si tokoh fiksi penghisap darah ini sangat takut dan menghindari bawang putih, kalau tidak salah ( koreksi kalau saya salah ) sampai  saat ini belum ada penjelasan mengapa si drakula takut dan menghindari bawang putih. Sama halnya dengan dunia barat juga di Indonesia bawang putih dihubung-hubungkan dengan dunia mistis seperti salah satu contoh bahwa tuyul yang merupakan mahluk gaib yang berukuran kecil yang suka mencuri uang akan tidak bisa melihat uang apabila si pemilik uang menaruh bawang putih di tempat penyimpanan uang, tentunya sebagai umat yang beragama sikap kita hanya percaya kepada Alloh SWT yang menciptakan bawang putih untuk memberikan manfaat pada manusia tanpa bersikap menduakan atau berbuat musyrik kepada Alloh SWT. Dibawah ini akan dibahas mengenai bawang putih dan manfaatnya.



Seperti Apa Bawang Putih Itu


Bawang putih dengan nama ilmiah Allium sativum adalah tanaman berumbi yang dapat tumbuh hingga 1,2 m tingginya yang menghasilkan bunga hermafrodit  dimana hampir semua bawang putih dalam budidaya disebarkan secara aseksual. Penyerbukan terjadi oleh lebah dan serangga lainnya. Tanaman bawang putih lebih memilih untuk tumbuh di tanah dengan kandungan bahan organik yang tinggi , tetapi mampu tumbuh di berbagai kondisi tanah dan tingkat pH.

Tanaman bawang putih dapat tumbuh erat dan mudah ditanam di wadah kedalaman yang cukup . Bawang putih mudah tumbuh dan dapat tumbuh sepanjang tahun di iklim ringan. Bawang putih tumbuh di berbagai negara namun China sejauh ini merupakan produsen terbesar bawang putih, dengan sekitar 10,5 juta ton tumbuh setiap tahunnya.Bawang putih mentah mengandung banyak senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Kandungan Manfaat Bawang Putih


Bawang putih kaya akan kandungan kimia yang memiliki aktivitas biologi dan bermanfaat dalam pengobatan karena adanya kandungan senyawa organosulfur, diantaranya:
1. Senyawa S-ak(en)-il-L-Sisten Sulfoksida (ACSOs), yakni senyawa yang diduga paling banyak terdapat pada bawang putih, contoh nya Alliin dan y-glutamilsistein, yang berfungsi sebagai antibakteri. 

2. Bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat antiseptik dan antibakteri.

3. Bawang putih juga mengandung zat aktif awcin,sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid, awn, enzim alinase, germanium dan sativine.

4. Umbi batang mengandung zat-zat:

- Kalsium : bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi.
- Saltivine : bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf.
- Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.
- Belerang
- protein
- Lemak
- Fosfor
- Besi
- Vitamin A, B1 dan C.

Sudah lama sekali bawang putih digunakan sebagai salah satu bumbu di hampir semua masakan dan makanan terutama di Indonesia. Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit diantaranya adalah :

1. Mengontrol Gejala Diabetes

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit bawaan yang ditandai oleh tak cukupnya insulin di dalam tubuh, sebagai akibat kelebihan gula di dalam darah dan urine, serta kelaparan yang hebat dan kehausan. Penderitanya selalu ingin makan yang manis-manis, dan walaupun ia suka makan yang manis-manis dan makanan lainnya, berat badan cenderung berkurang. Gejala utamanya, menurunnya daya tahan tubuh terhadap kuman dan bakteri gangguan kulit serta berkurangnya gairah seksual, penyakit usus dan pembuluh darah. Penggunaan bawang putih secara bijaksana dalam diet merupakan salah satu cara mendapatkan manfaat terbesar dari makanan yang dimakan dengan demikian menyumbang pada kondisi tubuh yang baik.

2.Anti radang

Anti radang yang terkandung didalam  bawang putih mampu mengobati penyakit radang secara perlahan. Caranya cukup dengan mengonsumsi bawang putih tersebut setiap hari.
3. Obat hipertensi
 
Makanlah 3 siung bawang putih  setip pagi dan sore hari. lakukanlah selama kurang lebih 1 minggu.

4.Menyembuhkan penyakit kulit

Zat anti radang dalam bawang putih juga dapat mengobati penyakit kulit. Caranya dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bagian penyakit pada kulit.

5.Mengobati jerawat

 Bawang putih mampu mengobati jerawat karena mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri. Caranya yaitu dengan menggosokkan satu irisan bawang putih pada jerawat di wajah perlahan-lahan.

Referensi
Bawang Putih. http://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_putih. ( 1 mei 2014 )
Garlic. http://en.wikipedia.org/wiki/Garlic. ( 1 mei 2014 )
Dan berbagai sumber

Baca juga artikel mengenai binatang yang mempunyai aroma khas popcorn yaitu Binturung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar