Senin, 19 Mei 2014

Kuda Nil



Mengenal Kuda Nil Binatang yang dianggap Berbahaya bagi Manusia


Kalau anda melihat kuda nil mungkin anda beranggapan bahwa  binatang ini tidak begitu berbahaya bila dibandingkan dengan hewan lain seperti singa ataupun buaya karena terlihat suka cuek dan terkesan binatang pemalas yang sering asyik menikmati berkubang di air dan walaupun ukuran tubuhmya lebih besar daripada binatang lain kecuali gajah sehingga banyak orang yang penasaran dan  mencoba untuk mendekat padahal binatang ini sangat agresif dan yang paling mencengangkan adalah binatang ini telah membunuh manusia lebih banyak bila dibandingkan dengan hewan lain di Afrika biasanya di sebabkan manusia masuk ke dalam wilayah teritorial dan binatang ini merasa terganggu.

makanan kuda nil


Seperti Apa Kuda Nil Itu


Kuda nil dengan nama latin Hippopotamus amphibius adalah hewan mamalia dari keluarga Hippopotamidae yang berukuran besar berasal dari Afrika sub-Sahara. Kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih.

Ukuran tubuh kuda nil dewasa beratnya bisa mencapai 3 ton dengan tinggi hampir 2 meter dengan panjang 4 sampai 6 meter, memliki warna  kulit kelabu gelap. Mereka juga memiliki gading besar yang biasa mereka gunakan untuk mempertahankan diri dari predator. Binatang ini juga memilki mulut dan gigi yang sangat besar, empat kaki yang pendek dan gemuk, serta badan yang hampir tidak berambut. Meskipun bertubuh besar dan berkaki pendek, kuda nil mampu berlari dengan cepat. Untuk jarak pendek, mereka mampu berlari secepat 30 km/jam, lebih cepat dari kecepatan lari manusia pada umumnya. Kuda nil memiliki watak agresif dan dianggap salah satu hewan paling berbahaya di Afrika. Kerabat kuda nil yang paling dekat adalah kelompok Cetacea, seperti paus, lumba-lumba dan pesut. Selain itu kuda nil juga berkerabat dengan babi dan hewan-hewan berkuku genap lainnya.

Habitat dan makanan Kuda Nil


Kuda nil tinggal di Afrika subsahara. Mereka tinggal dan dekat air tawar, seperti danau dan sungai. Kira-kira terdapat 125 ribu hingga 150 ribu kuda nil di Afrika, dan yang terbanyak berada di Zambia dan Tanzania. Kuda nil juga merupakan hewan yang populer di kebun binatang Ancaman terhadap kuda nil diantaranya hilangnya habitat, dan perburuan liar. Kuda nil diburu untuk diambil daging dan gigi taringnya.

Walaupun kuda nil berbadan besar dan mempunyai gigi taringnya yang besar dan terkesan seperti predator  ternyata binatang ini suka makan rumput dan mereka juga dikenal makan buah-buahan, daun, kacang-kacangan, dll. Karena suka bermain-main di air kuda nil juga memakan tanaman air serta alang-alang yang ditemukan di habitat alami mereka. kuda nil juga makan hewan kecil serta bangkai hewan walaupun jarang sekali jadi binatang ini cenderung sebagai hewan herbivora.

Referensi

Kuda Nil. http://id.wikipedia.org/wiki/Kuda_nil. ( 19 mei 2014 )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar