Selasa, 13 Mei 2014

Kuda Zebra



Fakta-Fakta Menarik Kuda Zebra


Warna kuda zebra yang belang hitam dan putih yang kontras banyak ditiru dalam kehidupan manusia seperti di gunakan pada warna papan catur, tempat penyeberangan jalan atau zebra cross lalu warna jenis kuda ini di gunakan pada kostum sepakbola klub sepakbola liga italia Juventus dan klub sepakbola liga Inggris New Castle United.

warna kuda zebra


Seperti Apa Kuda Zebra Itu


Kuda zebra adalah binatang dari famili kuda yang warna tubuhnya belang-belang hitam dan putih dan merupakan salah satu dari sedikit spesies hewan berkuku tunggal berujung Ada tiga jenis zebra yaitu zebra gunung (Equus zebra), zebra dataran (Equus quagga) dan zebra primitif (Equus grevyi). Kuda jenis ini ukuran panjang tubuhnya bisa mencapai 3,5 sampai 5 meter dan mempunyai bobot berat antara 440-990 pound. Mereka hidup mencapai 20-30 tahun di alam liar dan sampai umur 40 tahun di penangkaran .

Warna belang-belang hitam putih pada tubuh zebra dapat membantu sistem pertahanan zebra terhadap predator. Belang kuda zebra dapat membingungkan predator terutama saat mereka bersama-sama dalam satu kelompok membuat singa dan predator lainnya kebingungan untuk memilih zebra incarannya. Zebra memiliki "warna disruptif" seperti beberapa katak pohon dan ular belang. Belang pada tubuh zebra memecah kontur rata hewan, menyamarkan bentuk asli zebra. Ketika zebra bergerak, pola itu lebih membingungkan lagi. Berbeda dengan kuda polos biasa dan ternyata tiap kuda zebra memiliki corak belang yang berbeda satu sama lain sama seperti sidik jari manusia pola garis kuda zebra adalah unik untuk setiap individu walaupun sepintas terlihat sama.Para ilmuwan berpendapat bahwa belang pada zebra terjadi karena evolusi, baik variasi maupun seleksi alam. Zebra betina melahirkan 1 anak, yang hampir langsung dapat berdiri dan berlari sekitar 1 jam setelah dilahirkan.

Habitat dan Makanan Zebra


Kuda zebra sangat menyukai tinggal di padang rumput, mulai dari padang rumput terbuka tanpa pepohonan sampai padang rumput di pinggir hutan yang tersebar di Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur.
Kuda zebra adalah hewan pemakan tumbuhan( herbivora) yang makanan utamanya adalah rumput. Namun kadang-kadang hewan ini juga makan semak, dedaunan, ranting, dan bahkan kulit kayu.

Perilaku Kuda Zebra


Kuda zebra sama halnya dengan manusia merupakan mahluk sosial yang menghabiskan waktunya dalam kelompok dengan cara komunikasi menggunakan suara dan ekspresi wajah. Ada perilaku yang tidak biasa dari kuda zebra yaitu mereka tidur sambil berdiri itu juga kalau merasa aman di antara kelompoknya karena setiap waktu mungkin nyawa mereka terancam oleh predator karena kuda zebra adalah mangsa favorit dan penting bagi singa dan predator lainnya. Kuda zebra mempunyai pendengaran dan pengelihatan yang sangat baik dengan kelebihan yang lain yaitu dapat lari dengan kecepatan mencapai 56 km/jam juga mempunyai tendangan yang sangat kuat yang dapat mencederai predator yang tentu saja hal-hal ini sangat berguna untuk menghindari predator setidaknya untuk sementara.

Referensi
Zebra.http://id.wikipedia.org/wiki/Zebra. ( 14 mei 2014 )
Dan berbagai sumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar