Sabtu, 03 Mei 2014

Bekicot


Mengenal Bekicot Binatang yang Kaya Gizi


Dulu bekicot adalah binatang yang hanya dikenal sebagai hama perusak tanaman dan salah satu binatang  yang di benci petani selain tikus,  kalaupun binatang lamban ini dijadikan sumber makanan, yang mengkonsumsinya cuma masyarakat kelas bawah yang tidak punya pilihan karena tidak mampu membeli bahan makanan lain dan kerena bekicot mudah didapat dan gratis namun setelah diketahui bahwa binatang ini mengandung kaya gizi dan banyak manfaatnya bagi manusia yang mengkonsumsinya bahkan di Perancis ada menu makanan mewah yang menggunakan bahan utama bekicot yaitu Escargot yang menganggap bahwa restoran yang tidak menyajikan menu ini dianggap restoran tidak berkelas maka perlahan-lahan banyak orang yang mencari dan mengkonsumsi binatang ini maka bermunculan produsen makanan  yang menjual makanan yang terbuat dari bekicot seperti sate bekicot, kripik bekicot dan lain sebagainya, bahkan sekarang binatang ini sengaja di ternakan seperti di kota Kediri untuk memenuhi permintaan para produsen makanan dan konsumen.

manfaat bekicot


Seperti Apa Bekicot Itu


Bekicot dengan nama ilmiah Achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae yang berasal dari Afrika Timur dan menyebar ke hampir semua penjuru dunia akibat terbawa dalam perdagangan, moluska ini sekarang menjadi salah satu spesies invasif terburuk di bumi, sehingga beberapa negara bahkan melarang pemeliharaannya sebagai hewan kesayangan termasuk Amerika Serikat. Hewan ini mudah dipelihara dan di beberapa tempat bahkan dikonsumsi, termasuk di Indonesia. Meskipun berpotensi membawa parasit, bekicot yang dipelihara biasanya bebas dari parasit.

Bekicot dewasa  mempunyai ukuran adalah sekitar 7 cm dengan tinggi 20 cm atau bisa lebih panjang .Cangkang atau Shell berbentuk kerucut , bisa searah jarum jam ( dextral ) atau berlawanan arah jarum jam ( sinistral ) arah dapat diamati dalam melingkar dari shell , meskipun tangan kanan ( dextral ) kerucut adalah lebih umum. Warna cangkang atau shell sangat bervariasi dan tergantung pada makanan . Biasanya coklat adalah warna dominan.

Habitat dan Makanan Bekicot


Bekicot adalah binatang yang mudah dan cepat beradaptasi namun paling menyukai tempat yang lembab dan habitatnya sekarang termasuk sebagian besar wilayah tropis yang lembab , termasuk beberapa pulau Pasifik , Asia Selatan dan Timur , dan Karibia. Siput darat ini sekarang dapat ditemukan di daerah pertanian , daerah pesisir , hutan alam, hutan tanaman , zona riparian, scrub dan shrublands , daerah perkotaan , dan lahan basah .

Bekicot adalah binatang pemakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora dan termasuk binatang yang makan sangat rakus terhadap bagian tumbuhan yang dimakan bekicot mulai dari bagian kulit batang, daun, bunga, buah, tumbuhan muda, sisa tumbuhan yang telah kering sampai bagian keseluruhan dari tumbuhan tersebut. Ini kadang-kadang akan memakan pasir, batu yang sangat kecil, tulang dari bangkai dan bahkan beton sebagai sumber kalsium untuk cangkangnya. Pada kasus yang jarang terjadi dimana siput bersikap kanibal dengan saling mengkonsumsi satu sama lain .

Manfaat Bekicot


Seperti penjelasan diatas bahwa bekicot mempunyai banyak manfaat bagi manusia diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial yang  lengkap.

2. Lendir pada bagian dalam cangkangnya, dapat digunakan sebagai obat luar untuk luka sayat dan luka robek, juga untuk mempercepat pematangan bisul dan jerawat.

3. Dagingnya baik untuk pengobatan penyakit liver dan Hepatitis B. Biasa di temui di angkringan, daging bekicot dibuat sate atau kripik bekicot.

4. Untuk menambah daya tahan tubuh.

5. Bekicot bermanfaat untuk membantu pemulihan tulang dan kulit.


Referensi
Achatina Fulica. http://en.wikipedia.org/wiki/Achatina_fulica. ( 3 mei 2014 )

Baca juga artikel tentang binatang yang tanduknya mirip spiral yaitu Antelope






Tidak ada komentar:

Posting Komentar