Sabtu, 17 Mei 2014

Sirsak


Manfaat Buah dan Daun Sirsak


Dulu sirsak hanya di kenal sebagai buah yang rasanya asam dan sedikit manis tapi enak dan menyegarkan oleh sebab itu buah sirsak selalu dijadikan bahan untuk minuman segar seperti jus dan salah satu bahan es campur, dari segi manfaat buah ini hanya dikenal  untuk memenuhi kebutuhan vitamin c malahan daunnya lebih dikenal lebih banyak mempunyai manfaat untuk mengobati berbagai penyakit ternyata saat ini buah sirsak mempunyai manfaat ganda yaitu selain enak buahnya untuk dikonsumsi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

manfaat daun sirsak


Seperti Apa Sirsak Itu


Sirsak dengan nama ilmiah Annona muricata L merupakan tanaman buah yang masuk ke Indonesia  melalui pemerintah kolonial Hindia-Belanda yaitu pada abad ke-19 dengan nama zuurzak yang berarti kantung asam sesuai dengan rasa buahnya walaupun begitu  buah ini bukan berasal dari Belanda atau Eropa melainkan berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Tanaman sirsak bisa tumbuh dimana saja namun akan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila ditanam di daerah yang berair. Ukuran tinggi pohon sirsak bisa tumbuh mencapai 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20-30cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Manfaat Daun Sirsak


Sudah lama daun sirsak di percaya dapat mengobati berbagai penyakit  walaupun awalnya dianggap beracun karena hama serangga tidak tertarik untuk memakannya  yang ternyata dalam daun sirsak mengandung senyawa Acetoginin (bulatacin, asimisin dan squamosin). Acetoginin ini dalam senyawa yang tinggi berfungsi sebagai anti feedent jika dalam konsentrasi rendah bisa menyebabkan hama serangga yang memakannya akan mati. Berikut adalah berbagai manfaat daun sirsak untuk mengobati berbagai penyakit :

1. Untuk Mengobati  Asam Urat

Saat ini penderita penyakit asam urat di Indonesia menunjukan peningkatan yang signifikan oleh karena itu banyak sekali produsen obat berlomba-lomba membuat dan menawarkan obat asam urat tapi untuk orang yang suka pengobatan alami tidak ada salahnya untuk mencoba daun sirsak untuk mengatasi penyakit asam urat. Cara untuk membuat ramuan dari daun sirsak ini juga sangat mudah. Anda hanya cukup menyiapkan 6 hingga 10 lembar daun sirsak tua yang hijau. Cuci sampai bersih kemudian potong sampai keluar sari yang terkandung di dalamnya. Rebus dengan dua gelas air dan biarkan sampai mendidih hingga airnya tersisa satu gelas saja. Anda bisa meminum air 2 kali dalam satu hari, pagi dan malam hari.

2. Untuk Mengobati  Kanker

Banyak penelitian memang mengatakan bahwa daun sirsak memiliki kemampuan 100 kali kemoterapi untuk melawan kanker. Anda pun bisa melakukannya sendiri, siapkan 10 lembar daun sirsak tua kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai menyisakan 1 gelas. Minum larutan daun sirsak tersebut 2 kali setiap hari selama 2 minggu.

3 . Bermanfaat Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.

4. Daun Sirsak dan Manfaatnya Untuk Asma

Bila anda menderita asma tidak ada salahnya mengobatinya dengan daun sirsak  caranya adalah dengan menyiapkan 7 lembar daun sirsak yang dibuat sarang oleh semut rang-rang. Lalu anda bisa merebusnya kemudian remas dan tampung  air ramuan tersebut. Anda bisa meminumnya setiap pagi agar asma anda bisa sembuh. 

Manfaat Buah Sirsak


Saat ini mengkonsumsi buah sirsak selain enak dan menyegarkan dan memberikan manfaat bagi  kesehatan dan mengobati berbagai penyakit diantaranya sebagai berikut : 

1. Mengobati Ambeien

Caranya, peras buah sirsak yang sudah masak lalu ambil airnya sebanyak satu gelas, kemudian minum airnya dua kali sehari, pagi dan sore

 2. Bermanfaat Untuk Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

4. Membantu Untuk Meningkatkan Energi

Jika Anda merasa tak bergairah, cobalah mengonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang bisa membuat mood Anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi Anda.

5.Bermanfaat Untuk Meredakan Migrain

Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

Referensi
Sirsak.http://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak. ( 17 mei 2014 )









Tidak ada komentar:

Posting Komentar