Kamis, 22 Mei 2014

Alpukat


Mitos atau Fakta bahwa Buah Alpukat Bisa Menggemukan Badan


Alpukat adalah tanaman buah yang menghasilkan buah yang sangat disukai oleh sebagian orang di Indonesia karena buah ini yang sudah matang di pohon atau matang dikarbit mempunyai rasa yang enak dan gurih dan biasanya dihidangkan sebagai salah satu bahan untuk es campur, atau bisa dijadikan minuman jus dan bisa juga dimakan begitu saja biasanya di campur gula merah untuk menambah nikmat. Namun ada banyak orang yang tidak mau menkonsumsi buah alpukat terutama wanita, ini bukan dikarenakan tidak menyukai rasanya namun ada pemikiran yang sudah terlanjur melekat di masyarakat bahwa makan buah ini bisa menggemukan badan karena banyak mengandung lemak. Jadi apakah makan buah alpukat bisa menggemukan badan ?

manfaat alpukat


Seperti Apa Alpukat Itu


Alpukat dengan nama ilmiah Persea Americana adalah tanaman buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia. Alpukat masuk ke indonesia di perkenalkan oleh Belanda dan sampai sekarang perkembangannya sangat pesat dengan mudahnya kita menemukan tanaman ini yang masih menjadi salah satu tanaman yang masih di tanam di banyak pekarangan rumah dan buah alpukat mudah cari diberbagai tempat seperti pasar-pasar tradisonal dan supermarket juga pedagang keliling dan pedagang kaki lima.

Tanaman alpukat mempunyai batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 mm. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 cm, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 cm.
Buah alpukat mempunyai kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah ini berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Kandungan dan Manfaat Alpukat 


Kandungan dari buah alpukat yaitu karbohidrat dan terutama lemak yang membuat sebagian orang untuk tidak mengkonsumsi buah alpukat karena takut gemuk dibawah ini adalah paparan dimana buah alpukat tidak menggemukan badan adalah sebagai berikut :

1. Lemak

Kandungan lemak di buah alpukat merupakan asam lemak tak jenuh tunggal hingga 20%. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Lemak tersebut merupakan lemak sehat, sehingga Anda tidak perlu khawatir tubuh menjadi gemuk. Karena justru asam lemak tak jenuh tersebut yang membantu metabolisme dan mengurangi keinginan makan berlebihan.

2. Protein

Buah alpukat mengandung protein dimana sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan diet sehat tetapi tetap berenergi yaitu mengandung 18 asam amino yang diperlukan oleh tubuh sehingga protein dalam alpukat bisa lebih mudah diserap oleh tubuh.

3. Karotenoid

Kandungan Karotenoid  dalam buah alpukat yang mengandung vitamin A sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya. Oleh sebab itu, buah buah alpukat juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata dan stamina.

4.  Mencegah peradangan atau anti-inflamasi

Buah alpukat mengandung  gizi vitamin C, E, karotenoid, selenium, seng, potosterol, dan omega 3 asam lemak yang terdapat di dalam buah buah alpukat dapat membantu mencegah berbagai peradangan.

Buah dan daun alpukat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Khasiat buah alpukat untuk menurunkan kolesterol

Buah alpukat mengandung senyawa beta-sitosterol terbukti efektif mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

2.  Melawan radikal bebas
 
Buah alpukat mengandung anti-oksidan jenis glutation yang bermanfaat untuk  melawan radikal bebas dalam tubuh.

3. Untuk merawat kesehatan kulit

Buah alpukat mengandung serat yang bermanfaat menjaga kulit dari iritasi dan membuat kulit menjadi lebih bersinar.

4. Mengontrol tekanan darah

 Sumber kalium yang terkandung dalam buah alpukat bisa mengendalikan tekanan.

5. Mencegah dan melawan kanker

Asam oleat yang dimilki buah alpukat menurut penelitian bisa mencegah kanker payudara.

6.  Mengobati kencing batu

Daun alpukat dapat mengobati kencing batu dengan cara menyiapkan 4 lembar daun alpukat , 3 buah rimpang teki, 5 tangkai dan daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pela, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring kemudian airnya minum 3 kali 3/4 gelas.

7. Mengobati penyakit asma

Daun alpukat dapat mengobati asma dengan cara menyiapkan 7 lembar daun alpukat, cuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1,5 gelas. Beri sedikit garam, aduk hingga rata. Saring airnya dan minum ramuan tersebut sebelum tidur.

8.  Mengobati darah tinggi atau hipertensi

Untuk mengobati darah tinggi atau hipertensi yaitu siapkan  3 helai daun alpukat, cuci bersih, seduh dengan segelas air panas, dinginkan lalu minum, lakukan tiap satu kali sehari.

Referensi
Avocado.http://en.wikipedia.org/wiki/Avocado. ( 21 mei 2014 )








Tidak ada komentar:

Posting Komentar