Jumat, 16 Mei 2014

Bunga Sakura


Keindahan dari Mekarnya Bunga Sakura


Mekarnya bunga sakura adalah sebuah peristiwa yang istimewa bagi banyak orang terutama di Jepang yang memang tanaman asli dan bunganya adalah bunga nasional Jepang juga merupakan simbol penting yang kerap kali dihubungkan dengan perempuan, kehidupan, dan kematian. Sering juga digunakan sebagai simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Bunga ini juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal. Saking pentingnya sakura bagi orang jepang  maka selain tanaman ini tumbuh di banyak tempat  juga diterapkan dalam berbagai hal seperti baju nasional Jepang Kimono dengan corak atau gambar tanaman bunga sakura juga di alat-alat tulis, peralatan dapur bahkan tato dan lain sebagainya.

mekarnya bunga sakura


Seperti apa Bunga Sakura Itu


Bunga sakura merupakan bunga dari pohon sakura yang merupakan salah satu pohon yang tergolong dalam familia Rosaceae, genus Prunus sejenis dengan pohon prem, persik, atau aprikot, tetapi secara umum sakura digolongkan dalam subgenus sakura. Asal-usul kata "sakura" adalah kata "saku" (bahasa Jepang untuk "mekar") ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra". Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms.

Bunga sakura mempunyai banyak warna yaitu warna putih dengan variasi sedikit warna merah jambu, ada yang berwarna hijau muda, merah jambu dan merah menyala, warna bunga ini tergantung pada spesiesnya.

Bunga dari sakura digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan susunan daun mahkota yaitu sebagai berikut :

1. bunga tunggal dengan daun mahkota selapis

2. bunga ganda dengan daun mahkota berlapis

3. bunga semi ganda

Ada beberapa jenis Sakura yaitu sebagai berikut :

1. Edohigan adalah sakura yang mekar di Hari Ekuinoks Musim Semi dan bunganya paling panjang umur. Jenis-jenis lain yang serupa dengan edohigan adalah ishiwarizakura dan yamadakashinyozakura yang termasuk pohon sakura yang dilindungi. Miharutakizakura adalah salah satu jenis edohigan yang rantingnya menjuntai-juntai, sedangkan yaebenishidare dikenal daun bunganya yang banyak dan warnanya yang cerah.

2. Hikanzakura atau disebut juga kanhizakura adalah sakura yang tersebar mulai dari wilayah Tiongkok 
bagian selatan sampai ke Pulau Formosa. Kanhizakura banyak ditemukan tumbuh liar di Prefektur Okinawa. Bagi orang Okinawa, kata "sakura" sering berarti hikansakura. Pengumuman mekarnya bunga sakura di Okinawa biasanya berarti mekarnya hikanzakura. Di Okinawa, kuncup bunga hikanzakura mulai terbuka sekitar bulan Januari atau Februari. Di Pulau Honshu, hikanzakura banyak ditanam mulai dari wilayah Kanto sampai ke Kyushu dan biasanya mulai mekar sekitar bulan Februari atau Maret.

2. Shidarezakura

4.Fuyuzakura (sakura musim dingin) adalah jenis pohon sakura yang bunganya mekar sekitar bulan 
November sampai akhir bulan Desember. Onishimachi di Prefektur Gunma adalah tempat melihat fuyuzakura yang terkenal.

Melihat dan menikmati keindahan dari mekarnya bunga sakura memerlukan kesabaran dan penantian panjang karena pohon ini berbunga setahun sekali, di pulau Honshu, kuncup bunga sakura jenis someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.

Di Jepang, mekarnya sakura jenis someiyoshino dimulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week.
Setiap tahunnya pengamat sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bunga sakura someiyoshino dari barat ke timur lalu utara yang disebut sakurazensen. Dengan menggunakan peta sakurazensen dapat diketahui lokasi bunga sakura yang sedang mekar pada saat tertentu.

Mekarnya Bunga Sakura Bukan Hanya di Jepang


Sebagai negara dengan julukan negara sakura tentunya mekarnya bunga sakura selalu dirayakan dengan meriah setiap tahunnya tapi ternyata perayaan tersebut tidak hanya di lakukan di Jepang di beberapa negara lain juga dilakukan salah satunya adalah negara super power Amerika Serikat yang tiap tahunnya pada musim semi selalu mengadakan festival bunga sakura. Acara ini diselenggarakan di berbagai tempat termasuk Ibukota Amerika Washington, D.C. Seperti biasa acara ini diselenggarakan bulan April dan pada puncak bunga Sakura mekar penuh, berlangsung berbagai acara sekitar lebih dari 200 pertunjukan budaya Amerika dan internasional, juga ada acara seni budaya khusus dan pameran, pawai, pertunjukan kesenian, olah raga, festival makanan, dan lain-lain, yang menarik ribuan pengunjung dari dalam dan luar negeri. Para pengunjung menikmati berbagai atraksi dan keindahan bunga sakura.

Referensi
Sakura.http://id.wikipedia.org/wiki/Sakura.( 16 mei 2014 )
Dan berbagai sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar