Minggu, 04 Mei 2014

Belimbing



Belimbing Buah Bintang yang Banyak Manfaatnya


Belimbing adalah tanaman buah yang khusus di Indonesia buahnya merupakan salah satu bahan rujak atau dijadikan juice belimbing juga di buat manisan selain itu tanaman belimbing bisa dijadikan tanaman hias karena tanaman ini mempunyai dominan warna hijau cerah enak dipandang mata. Buah belimbing mudah dikenali karena bentuknya yang unik yaitu bila di potong  akan terlihat seperti bentuk bintang maka buah ini dalam bahasa Inggris sering di sebut starfruit atau buah bintang.

manfaat belimbing


Seperti apa belimbing Itu


Asal asli tanaman belimbing belum diketahui secara pasti namun diyakini merupakan tanaman buah yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia.Tetapi juga mulai terkenal di beberapa bagian Asia Timur dan Queensland, Australia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.

Tanaman belimbing mempunyai daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, dengan bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.
Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.

Kandungan dan Manfaat Belimbing


Belimbing mengandung banyak antioksidan, potassium, dan vitamin C dan rendah gula, natrium, dan asam. Ini juga merupakan sumber potensial dari kedua antioksidan polifenol primer dan sekunder. Karena mengandung banyak zat yang diperlukan oleh manusia maka tanaman belimbing mempunyai banyak manfaat selain buahnya yang rasanya enak dan segar diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Buah belimbing mempunyai manfaat bagi seseorang yang sedang mengidap penyakit diabetes atau  kencing manis, karena dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh.

2. Buah Belimbing mengandung cairan dan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan.

3. Buah bintang ini bisa membantu mengganti sel kulit mati atau peremajaan kulit, kandungan Vitamin A dan C ini berperan penting dalam membantu proses kelembaban pada kulit.

4. Buah ini bermanfaat untuk mengobati penyakit Hypertensi karena kandungan Vitamin C yang dapat melunturkan kolesterol jahat.

5. Vitamin A dan Kandungan Retinol pada Buah Belimbing membantu meningkatkan nafsu makan.

6. Ion tubuh yang hilang dapat membuat badan kita lemas, Buah Belimbing menjadi alternatif sebagai pengganti Ion tubuh karena cairan yang terdapat didalamnya sangat berkhasiat.

7. Buah Belimbing juga membantu menurunkan demam dan juga sebagai Obat jerawat dan komedo.

Referensi
Belimbing.http://id.wikipedia.org/wiki/Belimbing. ( 4 mei 2014 )














Tidak ada komentar:

Posting Komentar