Senin, 12 Mei 2014

Bunga Melati



Tentang Bunga Melati dan Manfaatnya


Bunga melati adalah bunga yang sangat populer di Indonesia terutama yang berwarna putih yang sering ada dan digunakan di acara siraman dan pernikahan  selain untuk mempercantik pelaminan, biasanya bunga ini dipakai sebagai hiasan kepala mempelai perempuan dan di acara siraman pengantin pria dan wanita akan memakai hiasan pernikahan berupa bunga melati dan ada tradisi yang masih dipercaya oleh sebagian orang di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah dimana jika wanita yang masih single mencuri bunga melati yang ada di keris pengantin pria maka akan dipercaya akan enteng jodohnya . Bunga melati juga sangat identik dengan bintang film horor legendaris Indonesia yaitu Suzanna yang selain suka memakai hiasan bunga melati di kepalanya juga suka mengkonsumsi bunga melati mungkin bagi sebagian besar orang makan bunga melati adalah aneh dan terkesan mistis tapi ternyata sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan terutama kesehatan kulit asalkan di makan secara rutin dan tidak berlebihan .

manfaat bunga melati


Seperti Apa Bunga Melati Itu


Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia salah satu jenis melati yaitu melati putih dengan nama ilmiah Jasminum sambac yang dijadikan sebagai puspa bangsa atau simbol nasional karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini walaupun asal bunga melati bukan dari Indonesia tapi berasal dari Asia Selatan  yaitu di India, Myanmar dan Sri Lanka.

Menurut jenis batangnya tumbuhan bunga melati  dapat digolongkan sebagai semak yang dimana batangnya berkayu dengan tinggi kurang dari 5 meter dan batangnya sedikit berbulu halus dan jarang. Dilihat dari daunnya  melati merupakan tumbuhan dengan daun majemuk menyirip (pinnatus), artinya daun majemuk yang anak daunnya terdapat di kanan dan kiri ibu tangkai daun tersusun seperti sirip pada ikan dengan kedudukan daun batang (filotaksis) berjenis apposite dengan setiap buku terdapat dua lembar daun yang berhadapan. Daunnya hanya memiliki tangkai dan helaian saja, berbentuk ovate, pangkal daun berbentuk setengah lingkaran sedangkan pada ujung daun sedikit meruncing. Pinggir daun tidak rata dan sedikit bergelombang. Permukaan daun agak berkerut seperti daun jambu biji dengan pertulangan daun menyirip mengikuti bangun daun yang oval. Dilihat dari bunganya tanaman melati berwarna putih dan mengeluarkan aroma wangi dan terapi yang dapat dimanfaatkan dalam kesehatan yang merupakan  bunga majemuk, memilki ibu tangkai bunga yang keluar dari ketiak daun yang memiiliki susunan bunga menyirip dan berhadapan dengan 7 mahkota berlapis-lapis ini akan berbentuk datar sehingga pada bunga jenis ini tidak ditemukan kelopak bunga.

Manfaat Bunga Melati


Bunga melati mempunyai banyak manfaat selain digunakan di acara pernikahan dan acara budaya juga mempunyai manfaat sebagai berikut :

1. Bunga melati di gunakan di industri produk kecantikan sebagai bahan untuk pembuatan parfum dan bahan untuk produk kecantikan kulit.

2. Di gunakan oleh produsen produk teh sebagai bahan campuran dan pewangi.

3. Air yang direbus  dengan bunga melati bila digunakan untuk air mandi akan memberikan efek rileksasi. 

4. Bermanfaat untuk mengobati nyeri saat haid. 

5. Untuk mengobati hidung tersumbat

6. Minum air rebusan bunga melati dapat mengatasi mata merah.

7.  Bunga melati sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit yaitu untuk menghaluskan dan melembutkan kulit juga bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas yang dipaparkan matahari untuk melindungi kulit juga bisa bisa memperlancar aliran darah dalam kulit dan bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit.

8. Mengobati jerawat.

Referensi
Melati.http://id.wikipedia.org/wiki/Melati. ( 11 mei 2014 )
Dan berbagai sumber








Tidak ada komentar:

Posting Komentar