Selasa, 06 Mei 2014

Mawar


Bunga Mawar Bunga Lambang Cinta dan Manfaatnya


Mawar adalah tanaman yang bunganya paling terkenal di dunia dibandingkan dengan bunga dari tanaman yang lainnya mungkin karena bunga ini sering di sebut sebagai lambang cinta yang kita ketahui semua bahwa cinta itu sifatnya universal yang bisa dialami oleh siapapun,  lalu mengapa bunga mawar disebut sebagai lambang cinta mungkin disebabkan karena hal-hal yang berbau dengan cinta seringkali disertai dengan kehadiran bunga mawar misalnya kalau pria yang mau nembak atau melamar wanita yang disukainya seringkali dengan membawa bunga ini bahkan hari valentine atau hari kasih sayang yang dianggap hari cinta sedunia yang dirayakan setiap tanggal 14 februari maka bunga mawar akan banyak dicari oleh banyak orang selain coklat yang membuat produsen bunga akan mendapatkan banyak keuntungan dari moment setahun sekali ini.

bunga mawar


Seperti Apa Tanaman Bunga Mawar Itu


Mawar adalah jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini yaitu bunga mawar. Mawar liar yang terdiri lebih dari 100 spesies kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Sebagian besar spesies mawar mempunyai daun yang panjangnya antara 5-15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Bunga mawar terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa Sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Bunga menghasilkan buah agregat (berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar. Spesies dengan bunga yang terbuka lebar lebih mengundang kedatangan lebah atau serangga lain yang membantu penyerbukan sehingga cenderung menghasilkan lebih banyak buah. Mawar hasil pemuliaan menghasilkan bunga yang daun mahkotanya menutup rapat sehingga menyulitkan penyerbukan. Sebagian buah mawar berwarna merah dengan beberapa perkecualian seperti Rosa pimpinellifolia yang menghasilkan buah berwarna ungu gelap hingga hitam.

Manfaat Mawar


Mawar selain bunganya yang indah dan tanamanya di jadikan tanaman hias di taman-taman atau dipekarangan dan kebun sekitar rumah juga mempunyai banyak manfaat untuk mengobati barbagai penyakit dan untuk masalah kecatikan. Beberapa manfaat mawar adalah sebagai berikut :

1. Mengobati Jerawat

Air bunga mawar merupakan bahan pembersih alami yang kaya antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cuci wajah Anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air mawar.

2. Mengobati Batuk Kering

Untuk mengobati batuk kering caranya yaitu ambillah 10 gram mawar kering, bersihkan dengan bersih. campur 30 gram gula batu lalu masak dengan cara di tim kedua bahan sampai 1/2 masak atau hingga keluar airnya. di saring lantas minum pada saat hangat.

3. Mengobati dan Merawat Kulit

Jaga keseimbangan pH alami kulit dengan air mawar. Air mawar dapat menyeimbangan produksi sebum pada kulit. Hal ini dapat digunakan baik untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Air mawar juga mampu melawan berbagai penyakit kulit dan eksim.

4.  Melancarkan Haid

Untuk melancarkan haid caranya yaitu ambillah 15 gram bunga mawar, 15 gram bunga asoka/siantan, 90 gram daging lidah buaya. bersihkan bersih seluruh bahan, rebus dengan 600cc air sampai tinggal 200 cc. saring. minum 2 kali 1 hari setelah makan.

5.  Kesehatan Rambut

karena air mawar bersifat sebagai penyejuk alami maka baik untuk kesehatan rambut yang menjaga kelembaban dengan cara menuangkan beberapa tetes air mawar saat keramas bersamaan dengan sampo untuk menciptakan aroma khas yang wangi. Bisa juga digunakan setelah keramas, tuangkan pada rambut yang masih basah, dan pijat lembut untuk membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, air mawar juga dapat mengatasi peradangan di kulit kepala dan memberantas ketombe.

6. Mengobati Kaki Bengkak

Caranya untuk mengobati kaki bengkak yang disebabkan sirkulasi darah tidak lancar, yaitu ambillah 2-3 bunga mawar, 30 gram daun sembung. bersihkan bersih ke-2 bahan tersebut, rebus dengan air 600 ml sampai tinggal separuhnya. minum 2 kali 1 hari setelah makan.

7. Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu panca indera yang sangat penting jadi untuk menjaga kesehatan mata sangat penting, keluhan pada mata yaitu mata lelah dan lingkaran hitam di bawah mata bisa diatasi dengan air mawar. Air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan meradang. Teteskan 2-3 tetes pada mata, lalu tutup selama beberapa menit untuk membersihkan mata. Lakukan secara rutin untuk menghindari infeksi mata.

Referensi
Mawar. http://id.wikipedia.org/wiki/Mawar. ( 6 mei 2014 )
Dan berbagai sumber

Baca juga artikel tentang hewan yang mirip seperti kangguru tapi lebih kecil yaitu Walabi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar