Minggu, 25 Mei 2014

Rayap


Rayap Hewan Hama yang Bermanfaat Bagi Manusia


Rayap adalah serangga yang hanya dikenal manusia sebagai hewan hama dan merugikan manusia karena dapat merusak bagian rumah kita yang terbuat dari kayu seperti atap dan kusen juga merusak perabotan-perabotan yang terbuat dari kayu seperti meja dan kursi dan lain sebagainya tapi selain merugikan manusia ternyata rayap juga mempunyai manfaat dan peranan penting untuk kehidupan manusia.



Seperti Apa Rayap Itu


Rayap adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga "semut putih" (white ant) karena kemiripan perilakunya.

Sebutan rayap sebetulnya mengacu pada hewannya secara umum, padahal terdapat beberapa bentuk berbeda yang dikenal, sebagaimana pada koloni semut atau lebah sosial. Dalam koloni, rayap tidak memiliki sayap. Namun demikian, beberapa rayap dapat mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga seringkali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau anai-anai.

Makanan dan Manfaat Rayap Bagi Manusia


Rayap suka memakan menu utamanya adalah kayu atau bahan yang terutama terdiri atas selulosa. Dari perilaku makan yang demikian kita menarik kesimpulan bahwa rayap termasuk golongan makhluk hidup perombak bahan mati yang sebenarnya sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan dalam ekosistem kita. 

Rayap selain di kenal sebagai hewan yang merugikan manusia dan menjadi hewan hama ternyata mempunyai manfaat yang tidak di sadari oleh sebagian manusia. Dari 2500 jenis rayap di dunia, 200 jenis di antaranya terdapat di Indonesia. 95 persen yg ada di Indonesia tadi justru sangat bersahabat dgn manusia adalah jenis rayap yg memakan kayu lapuk. pohon yang sudah mati ini dimakan rayap kemudian diubah menjadi zat hara tanah yang dapat menyuburkan. Begitu juga daun tidak bisa membusuk diurai oleh rayap, intinya rayap sangat berguna untuk menyuburkan kembali tanah yang diperlukan oleh manusia dalam bidang pertanian sehingga peran rayap sangat penting.

Cara Mengatasi Jenis Rayap yang Merugikan Manusia


Ada beberapa cara untuk mengatasi jenis rayap yang merugikan manusia yaitu sebagai berikut :

1. Air Kapur sirih

Sifat panas dari kapur akan sangat berbahaya sekali bagi rayap yang memiliki kulit tipis dan lembut. Oleh karena itu air kapur sirih ini sayang efektif untuk membasmi rayap. Caranya cukup sobat siramkan air kapur sirik ke kayu yang di serang atau juga langsung ke sarang rayap.

2.  Minyak tanah

Menyemprotkan minyak tanah pada perabot kayu yang telah terserang oleh rayap dan sarang rayap seperti loteng. 

3. Tembakau

Bila anda tak suka dengan bau minyak tanah anda dapat mencoba tembakau yang bermanfaat juga ampuh terhadap rayap. Biar lebih efektif sobat bisa mencampur tembakau dan air lalu di diamkan satu malam agar sari tembakau sepenuhnya keluar. Lalu semprotkan air campuran itu pada kayu yang di serang atau juga langsung ke sarang rayapnya.

4. Termisida

 Ini pilihan terakhir yaitu mengusir rayap dengan termisida namun bahan kimia ini juga sangat beresiko untuk kesehatan kita. Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang di serang rayap.

Referensi

Rayap. http://id.wikipedia.org/wiki/Rayap. ( 24 mei 2014 )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar