Jumat, 23 Mei 2014

Bawang Merah


Mengenal Manfaat Bawang Merah


Bawang merah di indonesia di gambarkan sebagai keburukan dan bawang putih di gambarkan sebagai kebaikan ini mengacu kepada cerita rakyat yang sudah banyak di buat sinetron yaitu “Bawang Merah Bawang Putih” tapi di kehidupan nyata bawang merah adalah salah satu bahan bumbu yang sangat penting untuk urusan dapur di tiap rumah tangga dan tiap rumah makan dan lain sebagainya selain itu jenis bawang ini mempunyai banyak manfaat yang lain yaitu diantaranya untuk mengobati berbagai penyakit.

manfaat bawang merah


Seperti Apa Bawang Merah Itu


Bawang merah dengan nama ilmiah Allium cepa L dari Kelompok Aggregatum adalah sejenis tanaman yang menjadi bumbu sangat penting berbagai masakan di dunia khususnya di  negara-negara di Asia Tenggara . Orang Jawa mengenalnya sebagai brambang. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbi, meskipun beberapa tradisi kuliner juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Tanaman ini diduga berasal dari daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.

Bunga bawang merah merupakan bunga majemuk berbentuk tandan yang bertangkai dengan 50-200 kuntum bunga. Pada ujung dan pangkal tangkai mengecil dan dibagian tengah menggembung, bentuknya seperti pipa yang berlubang didalamnya. Tangkai tandan bunga ini sangat panjang, lebih tinggi dari daunnya sendiri dan mencapai 30-50 cm. Bunga bawang merah termasuk bunga sempurna yang tiap bunga terdapat benang sari dan kepala putik. Bakal buah sebenarnya terbentuk dari 3 daun buah yang disebut carpel, yang membentuk tiga buah ruang dan dalam tiap ruang tersebut terdapat 2 calon biji. Buah berbentuk bulat dengan ujung tumpul. Bentuk biji agak pipih. Biji bawang merah dapat digunakan sebagai bahan perbanyakan tanaman secara generatif.

Kandungan dan Manfaat Bawang Merah


Bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi. Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa alliin oleh enzim alliinase selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Bawang merah selain merupakan salah satu bumbu penting untuk membuat masakan juga mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut :

1. Meredakan Sakit Perut

Bawang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang memberikan bantuan untuk sakit perut dan sindrom gastro terkait.

2.  Mencegah dan melawan kanker

Kandungan di bawang merah  kaya senyawa aktif yang berhasil menghambat perkembangan sel-sel kanker.

3. Mengobati  diabets melitus

Dari salah satu zat yang terkandung di dalam bawang merah ini adalah Tolbutomid yang ternyata bisa membantu untuk mengontrol gula darah di dalam hati. dan mengatur pelepasan insulin juga mencegah adanya gangguan yang mempengaruhi produksi insulin di dalam tubuh.

4. Khasiat Dan Manfaat Bawang Merah Untuk membunuh kuman di mulut

 Bawang merah ini bermanfaat untuk menghilangkan seluruh kuman yang ada di dalam mulut.
sering di gunakan untuk mencegah adanya kerusakan pada gigi dan infeksi di mulut, Caranya seperti dengan mengunyah bawang merah mentah mentah, Maka akan menghilangkan seluruh kuman yang ada di dalam mulut.

5. Mencegah Penyakit TBC

Bawang merah mengandung zat yang bersifat penghancur untuk mikroba TBC dan amuba disentri yang menjadi kuman penyebab terjadinya penyakit TBC.

Referensi
Bawang Merah. http://id.wikipedia.org/wiki/Bawang_merah. ( 22 mei 2014 )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar