Sabtu, 10 Mei 2014

Buah Plum



Manfaat Buah Plum yang Perlu Anda Ketahui


Buah plum adalah buah yang dihasilkan dari tanaman buah yang bentuk buahnya mirip anggur yang mungkin bagi sebagian besar orang Indonesia mendengar namanya saja sudah asing apalagi merasakan buah ini. Setidaknya sampai saat ini belum begitu dikenal karena buah ini adalah asalnya bukan dari Indonesia dan jarang ada yang menanam tanaman buah ini di pekarangan-pekarangan rumah mereka bahkan mungkin tidak ada apalagi yang sengaja menanam tanaman ini secara besar-besaran untuk di komersilkan di Indonesia sampai saat ini. Untuk menikmati buah plum maka Indonesia harus impor dari negara lain yang harganya sangat mahal dan sangat jarang dan mungkin tidak sama sekali dijual di pasar-pasar tradisional atau pedagang kaki lima dan hanya di jual di supermaket-supermarket besar yang tentunya hanya dikonsumsi oleh kalangan-kalangan tertentu, juga di Indonesia kurang ada sosialisasi di berbagai media mengenai rasa dan manfaat buah ini yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Buah plum bisa dikonsumsi dalam keadaan segar dan kering sampai saat ini negara Cina adalah produsen plum terbesar di dunia.

manfaat buah plum


Seperti Apa Buah Plum Itu


Plum adalah tanaman buah dari genus Prunus yang mempunyai kekerabatan dengan tanaman buah persik , naktarine  dan almond.  Tanpa pemangkasan tanaman buah plum bisa mencapai 12 meter tingginya dan tersebar di 10 meter. Mereka mekar di bulan yang berbeda di berbagai belahan dunia misalnya, di Taiwan sekitar Januari dan sekitar April di Amerika Serikat.

Buah
plum umumnya berukuran sedang antara 1 sampai 3 inci diameter, bulat oval, plum mempunyai banyak warna yaitu plum warna merah, kuning,hijau,hitam dan ungu. Buah ini rasanya tidak terlalu manis, mengandung banyak air, daging buah plum cukup tebal, berwarna jingga kekuningan dan kulit buah halus dan bertepung dengan permukaan lilin alami yang melekat pada daging. Buah ini memiliki biji tunggal yang besar dan keras. Plum memiliki banyak spesies antara 19-40 tapi spesies buah ini yang dikenal dan mempunyai nilai komersil di seluruh dunia ada 2  yaitu plum hexaploid Eropa (Prunus domestica) dan Jepang plum diploid (Prunus salicina dan hibrida)

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Plum 


Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa buah plum sangat bermanfaat bagi tubuh kita diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sebagai Antioksidan 

Buah plum mengandung vitamin C dan fitonutrisi seperti lutein, cryptoxanthin, zea xanthin, asam neochlorogenic dan klorogenat. Senyawa-senyawa tersebut memiliki kualitas antioksidan yang efektif, dan akan membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen yang disebut anion superoksida radikal. Fenol dalam plum juga akan memperpanjang efek perlindungan terhadap lemak esensial dalam neuron dan membran sel terhadap luka yang disebabkan oleh radikal bebas.

2.  Mencegah Keropos Tulang

Plum mengandung borron, yaitu sejenis mineral yang bisa membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga mengkonsumsi 10–12 buah plum yang dikeringkan per hari yang bisa mengurangi resiko osteophorosis dan membantu mencegah kehilangan massa tulang dan dipercaya mampu mengatasi resiko patah tulang pada wanita pascamenopause.

3. Melawan Kanker 

Buah plum mengandung  ferulid acid yang mempunyai senyawa antikanker. Berdasarkan hasil penelitian, jika mengkonsumsi zat ini maka bisa membantu menurunkan resiko kanker usus.

4. Menurunkan Kadar  Kolesterol dalam Tubuh

Buah plum mengandung serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan melindungi tubuh dari serangan jantung.

5. Melancarkan Fungsi Pencernaan

Plum mengandung serat, sorbitol, dan isatin, yang dikenal untuk membantu mengatur fungsi sistem pencernaan dan meringankan sembelit.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Buah plum mengandung vitamin A dan beta karoten yang sangat berguna untuk memelihara dan menjaga kesehatan mata


Referensi

Plum.http://en.wikipedia.org/wiki/Plum. ( 10 mei 2014 )
Dan berbagai sumber






Tidak ada komentar:

Posting Komentar