Senin, 21 April 2014

Bekantan



Bekantan Monyet Berhidung Besar dan Panjang


Kalau melihat bekantan tentu saja kamu akan teringat dari ciri khas fisiknya yaitu hidung besar dan panjang yang merupakan binatang endemik di pulau Kalimantan. Spesies monyet ini yang mempunyai nama ilmiah Nasalis Larvatus termasuk dalam genus monotypic nasalis. Monyet ini selain mempunyai ciri khas di hidung juga mempunyai sebagian kakinya berselaput yang membuat mereka sangat ahli berenang yang tujuannya untuk menghindari bahaya dari predator dan kaki mereka memudahkan untuk berjalan di hutan mangrove yang berlumpur.

hidung bekantan


Seperti Apa Bekantan Itu


Bekantan memiliki perut buncit besar yang diperkirakan karena spesies monyet ini mempunyai pola makan dan sistem pencernaan yang kompleks. yang bersama dengan hidung bekantan jantan lebih besar dan panjang daripada betina yaitu sekitar 10 cm panjangnya. Namun hidung bekantan betina masih lebih panjang dan besar apabila dibandingkan dengan primata yang lain yang ada didunia. fisik bekantan jantan jauh lebih besar yaitu beratnya sekitar dua kali lipat daripada bekantan betina. Perbedaan ukuran yang mencolok antara jenis kelamin dianggap lebih besar dari setiap primata lain di dunia . Jantan memiliki panjang kepala dan badan 66-76,2 cm dan mempunyai berat biasanya 16-22,5 kg  dengan berat maksimum diketahui 30 kg , sedangkan betina panjang kepala – badan  53,3-62 cm  dan mempunyai berat 7 sampai 12 kg. Bekantan  memiliki warna bulu coklat kemerahan dipunggung dan bahu yang berakhir dibagian tengah. Bagian dada , sekitar leher,pinggang, pantat dan ekornya berwarna krem.

Habitat dan Makanan Bekantan


Bekantan adalah primata besar yang suka  tinggal di hutan mangrove dan hutan dataran rendah dekat sungai yang ditemukan secara eksklusif di pulau Borneo di Asia Tenggara. Spesies monyet ini sangat mudah dikenal dengan ciri khas hidung panjang dan besar dari jantan yang diduga terkait dengan menarik betina untuk kawin .

Bekantan memakan makanan yang sebagian besar terdiri dari daun, tunas , biji dan buah mentah . Hal ini diketahui bahwa monyet ini tidak terlalu menyukai buah-buahan berdaging dan sifat kompleks dari sistem pencernaan binatang ini berarti bahwa mereka tidak dapat mencerna buah yang matang .

Perilaku


Bekantan umumnya hidup dalam kelompok yang terdiri dari satu jantan dewasa, beberapa betina dewasa dan anak-anak mereka. Monyet ini dikenal dengan suara vokalisasi ketika berkomunikasi dengan kelompoknya, jantan akan memancarkan suara yang berupa alarm panggilan untuk bahaya sinyal. Kedua jenis kelamin memberikan panggilan ancaman , tetapi masing-masing berbeda. Selain itu betina dewasa akan memancarkan apa yang disebut panggilan betina ketika marah dan mengaum.

Reproduksi Bekantan


Bekantan betina siap bereproduksi pada usia lima tahun, sebagian besar perkawinan berlangsung antara februari dan november, sementara kelahiran terjadi antara bulan Maret dan Mei. Perkawinan cenderung berlangsung selama setengah satu menit. Betina cenderung melahirkan di malam hari atau di pagi hari . Para induk kemudian makan plasenta dan menjilat bayi mereka hingga bersih. Anak bekantan akan mulai makan makanan padat pada umur enam minggu dan disapih pada umur tujuh bulan . Hidung jantan muda akan tumbuh perlahan-lahan sampai mencapai usia dewasa . Sang induk akan memungkinkan anggota lain dari kelompoknya untuk memegang bayinya

referensi
Proboscis Monkey http://www.animalstown.com/animals/p/proboscis-monkey/proboscis-monkey.php. ( 21 april 2014 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar