Selasa, 22 April 2014

Sigung



Semprotan Bau Sigung yang Fenomenal


Sigung adalah salah satu binatang unik yang bentuk fisiknya mirip dengan tupai tapi cara mempertahankan diri, mengusir atau menghindari predator yang akan memangsanya tidak biasa dari yang lainnya misalnya bila dibandingkan dengan tupai yang mengandalkan kelincahan berlari, melompat dan memanjat ke pohon untuk menghindari predator tapi sigung bila terdesak bila akan dimangsa predator atau manusia akan mengeluarkan senjata pamungkas berupa semprotan yang sangat bau dari pangkal ekornya ( bagian anus ) yang sangat ampuh untuk mengusir predator dan bisa membuat manusia muntah karena saking baunya.

hewan sigung


Seperti apa Sigung Itu


Sigung adalah binatang mamalia yang mempunyai 10 spesies di dunia dan ada nama-nama yang umum adalah sigung bergaris (  striped skunk ), sigung berkerudung (hooded skunk ) , sigung hidung babi (hog-nose skunk )  dan luak bau (stink badger ) . Dua spesies dari luak bau yang umum tersebar di Indonesia dan Filipina , sementara sebagian besar spesies  sigung tersebar di Amerika Utara dan Selatan . sigung yang paling umum di Amerika Serikat adalah sigung bergaris dengan mudah diidentifikasi oleh tubuh hitam dan garis-garis putih .

Habitat dan Makanan 


Sigung lebih menyukai tinggal di hutan-hutan sekunder pada ketinggian hingga 2000 meter di bawah permukaan laut.  Binatang ini termasuk golongan binatang penyendiri  dan aktif di malam hari untuk mencari mangsa , pada pagi hari hingga petang  lebih suka menghabiskan waktunya untuk  bersembunyi dalam tempat gelap seperti gua. Sigung adalah binatang omnivora yaitu binatang yang memakan tumbuhan dan hewan lain dan mengubah pola makan mereka sesuai perubahan musim. Mereka makan serangga dan larva ,cacing tanah , belatung , tikus kecil , kadal , salamander , katak , ular , burung dan telur . Mereka juga umumnya memakan buah, akar , daun , rumput , jamur dan kacang-kacangan .
 
Sigung juga mencari makanan di pemukiman manusia yaitu di tempat sampah.Seringkali binatang inidapat ditemukan bertindak sebagai pemulung yaitu bangkai burung dan hewan pengerat yang ditinggalkan oleh kucing atau hewan lain . Pemilik hewan peliharaan terutama kucing mungkin mengalami menemukan sigung jalan ke garasi atau basement di mana makanan hewan disimpan dan hewan ini biasanya menggali lubang di rumput untuk mencari belatung dan cacing .

Sigung adalah salah satu predator utama lebah madu , mengandalkan bulu tebal untuk melindungi mereka dari sengatan. Goresan sigung di depan sarang lebah dan makan lebah penjaga yang datang untuk menyelidiki
.Induk sigung dikenal untuk mengajarkan perilaku ini kepada anak-anak mereka .

Senjata Pamungkas Sigung


Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa ciri yang paling khas dari sigung adalah kemampuannya mengeluarkan atau menyemprotkan sejenis gas berbau busuk dari kelenjar khusus yang terdapat di sekitar anusnya. Kelenjar tersebut menghasilkan bau yang mengandung sulfur, metil, dan butylthiol. Bau tersebut berfungsi sebagai alat pertahanan diri terhadap predator.

Sigung yang merasa terpojok akan mengancam lawan atau predator dengan cara menundukkan kepala, menaikkan ekornya, dan akan menjejak-jejakkan cakar depannya di tanah jika predator tidak terpengaruh dengan gertakannya dan tetap ngotot untuk memangsanya maka sigung akan melengkungkan tubuhnya menyerupai huruf "U" dengan kepala dan dubur menghadap kepada lawannya, dan menyemburkan bau yang sangat busuk. Semburan tersebut mampu mencapai jarak 3,6 meter dengan arah ke kanan, ke kiri, ke atas, atau lurus selain berbau busuk semprotan sigung tersebut juga dapat menyebabkan iritasi dan kebutaan


Referensi
Skunk.http://en.wikipedia.org/wiki/Skunk. ( 22 april 2014 )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar