Minggu, 20 April 2014

Belatung


Belatung Binatang Horor yang Banyak Manfaatnya


Belatung adalah binatang yang ukurannya kecil tapi banyak orang takut dan jijik juga terkesan angker bila melihatnya apalagi mendekatinya maka tak heran binatang ini seringkali hadir dalam film-film horor seperti yang di bintangi oleh bintang film legendaris spesialis film horor Suzanna adalah salah satunya film “Sundel Bolong” dimana bagian punggung hantu yang diperankan Suzanna bolong dan banyak belatungnya dan juga banyak film-film horor lainnya yang menggunakan jasa binatang ini.

manfaat belatung


Seperti Apa Belatung Itu


Belatung adalah larva dari lalat. Nama belatung biasanya digunakan untuk larva lalat yang paling sering ditemui. bentuk fisiknya kecil seperti cacing sering ditemukan pada bangkai mati dan sampah. Mereka sering dipandang dengan jijik, tetapi mereka benar-benar memainkan peranan penting dalam daur ulang produk limbah tertentu dan memiliki beberapa kegunaan yang sangat menarik

Belatung adalah bentuk remaja dari lalat, yang berarti bahwa jantan dan betina harus terlebih dahulu berkembang biak. Lalat betina kemudian meletakkan sekitar 500-2000 telur (tergantung spesies) dalam beberapa batch. Telur ini biasanya diletakkan pada sumber makanan, seperti bangkai mati atau sampah. Telur menetas dalam satu hari dan belatung hidup dan memakan sumber makanan sampai mereka berubah menjadi kepompong dari mana lalat dewasa muncul. Belatung biasanya pucat putih, tipis dan sekitar 3-9 mm (0,1-0,35) panjang. 

Peran dan Manfaat Belatung di Dunia


Mungkin belatung sudah mendapatkan imej buruk yang melekat pada mereka namun di balik itu semua ada banyak kegunaan dan manfaat belatung yang sangat vital dalam kehidupan manusia dan mereka telah digunakan sepanjang sejarah. Selain yang telah dijelaskan diatas bahwa salah satu manfaat belatung adalah sebagai pengurai siklus kehidupan dan mendaur ulang limbah, bisa dibayangkan kalau tidak ada belatung maka bangkai binatang dan mungkin mayat manusia tidak bisa diurai dan lama untuk diurai sehingga bisa menimbulkan berbagai penyakit. manfaat yang lain dari belatung adalah sebagai berikut :

1. Penggunaan yang lain dari belatung saat ini dalam industri perikanan di mana mereka digunakan sebagai umpan untuk menangkap berbagai ikan dan sebagai umpan untuk menarik ikan ke daerah. Mereka adalah salah satu umpan yang paling populer di Inggris.

2. Dalam dunia kedokteran belatung telah lama digunakan untuk menghilangkan jaringan yang mati atau rusak dari manusia dimana belatung hanya memakan jaringan yang mati dan meninggalkan jaringan hidup terluka. Proses ini dikenal sebagai terapi belatung dan masih digunakan saat ini dalam beberapa kasus.

3. Belatung juga digunakan dalam industri ilmu forensik. Mereka dapat digunakan untuk analisa mayat dan tergantung pada spesies dan jumlah belatung pada mayat ilmuwan forensik dapat menentukan waktu kematian
.

Referensi
Interesting Facts about Maggots http://wanttoknowit.com/interesting-facts-about-maggots/. ( 20 april 2014 )


Baca juga artikel tentang jenis kelinci berukuran jumbo yaitu Kelinci Flemish Giant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar