Senin, 07 April 2014

Kelinci Flemish Giant


Kelinci Flemish Giant Si kelinci Raksasa

Kelinci flemish giant adalah jenis kelinci paling besar dan merupakan salah satu jenis kelinci yang paling populer untuk di jadikan binatang peliharaan mungkin disebabkan karena ukurannya yang tidak biasa dan mempunyai  tujuh pilihan warna yang berbeda yaitu putih, hitam, biru, coklat kuning muda (fawn), abu-abu terang,  warna seperti pasir (sandy),  dan warna abu2 besi (steel grey). Di Inggris pada mulanya flemish giant di ternakan untuk dijadikan kelinci pedaging mengingat dengan bobot dagingnya yang berat dan kemudian menyebar ke beberapa negara yang saat itu masih untuk konsumsi manusia untuk diambil dagingya dan bulunya  namun seiring waktu kelinci ini dipelihara sebagai binatang peliharaan walaupun besar namun jinak dan penurut.

ternak kelinci flemish giant


Bagaimana Penampilan dan Tingkah Laku kelinci Flemish Giant

Kelinci flemish giant adalah keturunan dari kelinci Patagonia  Argetina yang oleh pedagang dari Belanda dibawa pada abad 16 – 17. Namun ada yang percaya bahwa kelinci raksasa ini adalah keturunan dari ras steenkonijn dan ras eropa “patagonian”. Flemish giant pada abad 18 di impor dari Inggris dan belgia ke Amerika, dimana pada tahun 1910 mulai mendapat sambutan dikalangan breeder yang hingga sekarang kelinci flemish giant semakin populer karena ukuran yang besar, warna yang indah dan multifungsi (sebagai kelinci pedaging atau sebagai kelinci hias).

Kelinci flemish giant mempunyai badan yang panjang  saat dewasa lebih dari 51 cm, dan besar dengan berat bisa mencapai 6,4 kg bahkan ada yang mencapai 22 kg, bertulang tebal, dan dada penuh berisi. Kepala lebar, telinga panjang dan tebal serta berdiri  saat dewasa panjang telinga lebih dari 15 cm , serta mempunyai kaki yang besar, panjang dan kokoh, kelinci flemish giant mempunyai bulu yang mengkilap, padat dan cerah. Jika bulunya dielus dengan arah terbalik yakni dari belakang kedepan maka akan posisi bulu akan kembali. Seperti penjelasan diatas bahwa kelinci raksasa ini cenderung jinak dan mudah bagi yang ingin memeliharanya namun seperti kelinci lainnya kalau tidak ditangani dan diperlakukan dengan baik maka kelinci akan menjadi tidak nyaman dan akan menyebabkan mereka menjadi takut atau akan bertindak agresif.

Makanan dan kandang si Kelinci Flemish Giant

Kelinci flemish giant mempunyai porsi makan yang lebih banyak dari jenis kelinci yang lain dan yang mereka makan adalah rumput , buah-buahan seperti melon  dan sayuran-sayuran juga pelet kelinci.Karena ukurannya yang besar  maka Flemish giant kebutuhan tempat tinggal yang cukup besar yang menyediakan banyak kesempatan untuk gerakan fisik.


Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Flemish_Giant

Baca juga artikel tentang itik ungulan  yaitu Itik Alabio





Tidak ada komentar:

Posting Komentar