Minggu, 06 April 2014

Singa


Fakta-Fakta  Menarik Dari Singa Si Raja Hutan

Singa adalah  salah satu hewan buas yang paling dikenal karena mempunyai banyak ciri khas seperti suara aumannya yang bisa membuat hewan lain ketakutan bahkan sebagian manusia pun akan merasakan yang sama dan tentu saja rambut gondrong si singa jantan yang terurai bagaikan seorang rock star kelihatan keren dan seksi dan tentu saja banyak karakter film yang membuat si hewan ini makin terkenal  salah satunya film kartun paling terkenal The Lion King yang menceritakan perjuangan seekor singa muda, selain itu banyak fakta-fakta menarik dan unik lainnya yang akan membuat anda setuju bahwa singa layak di juluki si raja hutan.

singa afrika


Singa Itu Seperti Apa ?

Singa yang mempunyai nama latin Panthera leo adalah salah satu dari empat kucing besar di Panthera genus dan anggota keluarga Felidae .mereka dapat ditemukan di sebagian besar Afrika, di Eurasia dari Eropa barat ke India, dan di Amerika dari Yukon ke Peru. Merupakan jenis kucing besar yang hidup secara berkelompok. Hewan ini adalah binatang pemakan daging ( karnivora ). Panjang singa jantan adalah 260-330 cm, kalau betina 240-270 cm. Tinggi jantan adalah 90 cm dan tinggi betina 75 cm . Singa adalah kucing besar terbesar kedua setelah harimau yaitu berat jantan 150-250 kg, berat betina120-185 kg. waktu anak singa dilahirkan beratnya adalah 1-2 kg. jumlah gigi singa ada 30 buah.

Habitat  dan Cara Singa Berburu


Singa dapat ditemukan di padang rumput savana dengan pohon-pohon akasia tersebar yang berfungsi sebagai peneduh. karena merupakan hewan malam hari, dalam sehari 20 jam ber baring di bebatuan dan di bawah pohon yang teduh. Tiap kelompok terdiri atas jantan 1-6 ekor, betina 4-15 ekor. wilayah kekuasaan satu kelompok antara 20-400 km2. 

Seperti kita ketahui singa adalah hewan pemakan daging, di habitat aslinya si raja hutan ini memangsa hewan lain seperti  kerbau, kuda zebra, Rusa, impala, gazelle dan sebagainya. Perburuan makanan di dominasi oleh betina, sedangkan pejantan tidak terlalu banyak bertindak dalam pencarian makanan, hanya bila mangsa terlalu besar maka pejantan akan membantu menjatuhkan mangsa yang besar dan kuat seperti kerbau. Dominasi kerjasama antara betina dalam mencari makanan tergantung dari mudah dan sulitnya mangsa untuk dilumpuhkan, semakin kuat mangsa maka kerjasama kelompok akan semakin terlihat.
Singa melakukan perburuan di malam hari dan paling sering di pagi hari, mereka menghindari siang hari karena resdiko terlihat mangsa lebih besar dan panas. Mereka melakukan perburuan dengan dengan sangat terorganisir,  mereka menunggu mangsa terlena dan menyergap pada saat mangsa minum.
Ketika mengintai mangsanya, singa akan mengambil sikap menurunkan kepala dan tetap mengunci pandangan kepada sang mangsa.   Jika sang mangsa melihat kearah singa maka dengan segera singa akan diam dan lebih menyembunyikan kepalanya.   Ini adalah rambu-rambu  terus sampai singa mendapatkan jarak yang optimal yaitu [20-30 m].   Setelah singa telah memasuki jarak ini, singa menerkam dan berakhir mengejar agak tiba-tiba.
Setelah berhasil menyergap, jenis kucing besar ini akan mencengkeram mangsa. Perburuan dilakukan melalui 2 tahap, mereka akan menggiring mangsa ke bawah dan di bawah singa lain akan bersiap menyergap mangsa. Dalam banyak kasus perburuan terlebih dahulu dilakukan dengan menyergap bagian belakang mangsa dan dilajutkan menuju bagian leher. Mereka memegang mangsa dengan cakarnya yang kuat. Tidak jarang mangsa akan berhasil melarikan diri tetapi pada akhirnya mangsa akan mati karena luka yang ditimbulkan oleh serangan singa.
Metode yang digunakan dalam pembunuhan ini adalah membuat mangsa lemas karena gigitan di tenggorokkan korban. Korban akan mati lemas karena udara terhenti menuju otak. Khusus untuk mangsa besar selain meremukkan tenggorokan singa lain akan membantu menjepit hidung dan mulut mangsanya agar proses kematian bisa lebih cepat.
Proses menyantap mangsa dimulai oleh pejantan kemudian disusul oleh betina dan anak – anaknya. Pejantan akan memulai memangsa dimuali dari bagian belakang sedangkan betina memulai dari arah yang berlawanan menuju perut.
Mereka memiliki cara yang aneh dalam bersantap, seringkali mereka berebut dan berkelahi untuk mendapatkan jatah makan malam, setelah semua berakhir mereka akan saling menjilat luka satu sama lain. Dapat dibayangkan hanya untuk makan malam. Tidak seperti kucing besar yang lainnya singa makan dengan cara berjongkok dan berbaring.
Lalu apa yang akan dilakukan oleh singa tua yang tidak mampu berburu dalam mencari makanan ? hal yang sering terjadi adalah mereka menemukan mangsa mati dan memakannya. Satu-satunya harapan mereka untuk hidup adalah menemukan mangsa tanpa ada perlawanan. Setelah makan besar singa akan tidur sehari penuh, dan melewatkan hari – harinya dengan hal-hal kecil sampai hari ke empat, mereka akan mulai berburu lagi pada hari ke enam.

Cara Berkembang biak Si Raja Hutan

Perkawinan dimulai dengan mulai mengais – ngais dan menggaruk bahkan menggigit. Jika betina sudah dalam keadaan siap untuk kawin maka ia akan berbaring dan pejantan akan menungganginya. Keadaan ini akan berlangsung selama kurang lebih 20 menit, keaadaan ini berulang. Seekor betina bisa kawin 40 kali dalam sehari. Selama 4 hari estrus bisa jadi betina kawin dengan penjantan yang berbeda sehingga anak yang dilahirkan kemungkinan berasal dari ayah yang berbeda.
Pada penis pejantan terdapat duri pada titik mundur, duri ini berfungsi untuk membuat sedikit luka pada vagina betina. Tujuan luka ini adalah rasa sakit yang akan memicu ovulasi. Inilah yang menyebabkan betina menyeringgai , giginya terlihat pada akhir perkawinan.

Fakta – fakta menarik Singa

1.  Tidak seperti kucing besar lainnya singa adalah kucing besar yang tidak pandai memanjat pohon.
2. Kaki depan singa memiliki 5 jari sedangkan kaki belakang cuman ada 4 jari.
3. . Selain menyusui anaknya sendiri, singa betina juga menyusui saudara perempuan dan sepupunya.
4. Harimau pandai berenang tapi singa tidak pandai berenang .
5. Singa saat berburu mangsanya kecepatan larinya bisa mencapai hingga 50 mph (80 kph) tapi dalam jarak yang dekat karena faktor stamina. Mereka bisa melompat sejauh sekitar 36 kaki (11 m).
6. Di alam liar , singa beristirahat selama sekitar 20 jam sehari .
7. . Pada waktu kecil mata anak singa berwarna biru dan akan berubah menjadi kuning saat ia beranjak dewasa.
8. Kebanyakan singa minum air setiap hari jika tersedia, tapi bisa empat atau lima hari tanpa itu.
9. Sebuah auman singa dapat didengar sampai 5 mil (8 kilometer) jauhnya.
10. Singa betina akan bersanggama rata-rata 3.000 kali untuk masing-masing anak yang bertahan selama setahun.
11. Sistem pencernaan singa sama dengan manusia. Berlambung tunggal.
12. Singa dikenal sebagai binatang pemakan daging namun mereka juga memakan daun-daunan, ini dilakukan untuk membantu proses pencernaan.
13.Gigi singa dirancang dengan sangat kuat untuk berburu. Mereka tidak mengunyah makanan mereka hanya memotong dan menalan makanan dalam bentuk potongan potongan. Hal ini disebabkan ketidakmampuan semua jenis kucing dalam memggerakkan rahang mereka.
14. Singa akan mencapai dewasa kelamin pada usia 2 sampai 3 tahun.
15. Perkawinan singa tidak jauh berbeda dengan kelinci lainnya, singa betina akan birahi kapan saja. Birahi akan berlangsung selama 3-4 hari. Siklus estrus berlangsung selama 90 hari. Saat kawin singa jantan dan betina akan terus bersamam, tanpa makan.
16. Seekor betina akan melahirkan setiap 2-3 tahun sekali kecuali ada koalisi baru masuk. Jumlah anak yasng dilahirkn tiap kelahiran rata – rata 2 – 3 ekor.
17. Pada penis singa jantan terdapat duri pada titik mundur, duri ini berfungsi untuk membuat sedikit luka pada vagina betina. Tujuan luka ini adalah rasa sakit yang akan memicu ovulasi. Inilah yang menyebabkan betina menyeringgai , giginya terlihat pada akhir perkawinan .

Referensi
Singa. http://id.wikipedia.org/wiki/Singa. ( 24 maret 2014 )

Baca juga artikel tentang ular besar tidak berbisa yaitu Ular Sanca Kembang





 




                                                                                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar