Rabu, 09 April 2014

Antelope


Mengenal Lebih Dekat dengan Antelope

Ketika anda melihat antelope anda akan menyangka bahwa binatang itu adalah kijang atau mungkin menyangka ada hubunganya dengan kijang, hal yang yang wajar bila anda berpikir seperti itu karena secara fisik ada kemiripan tapi ternyata binatang ini tidak ada hubungan kekerabatan dengan kijang dan yang paling mengejutkan ternyata hewan bertanduk panjang ini  termasuk jenis sapi dan merupakan anggota dari famili bovidae, ada 90 spesies yang berbeda dari antelop  dan 25 dari mereka terancam punah . Perburuan dan hilangnya habitat merupakan alasan utama mengapa mereka dihadapkan dengan kepunahan .

tanduk antelope


Seperti Apa Antelope Itu

Antelope  tersebar di Afrika, Asia, dan Timur Tengah  yang mempunyai ukuran panjang kepala dan badan sekitar 1200 mm dan mempunyai ukuran panjang ekor 178 mm, tinggi pundaknya 812 mm dan mempunyai berat rata-rata antelop dewasa adalah 73 kg. Kulit punggung berwarna coklat gelap sedangkan sisi samping badan dan sisi luar tungkai berwarna kuning kecoklatan, dibagian dalam dan lingkar mata berwarna putih.  Antelop jantan memiliki warna kulit yang semakin gelap pada usia tua.  

Semua spesies antelope memiliki tanduk yang bentuknya menyerupai spiral atau pembuka gabus tutup botol, meskipun dalam beberapa spesies mereka hanya ditemukan pada jantan. Tanduk terbuat dari inti tulang, terbungkus dalam bahan keras dibuat sebagian besar dari keratin. Tanduk mereka secara permanen terpasang tidak seperti tanduk rusa.

Habitat dan Perilaku Antelope

Antelope  biasa hidup di savana dan gurun atau tempat terbuka yang cukup luas karena ini diperlukan agar bisa leluasa untuk berlari menghindari dari para predator namun ada sebagian dari mereka yang hidup di wilayah yang lebih rindang seperti pinggiran hutan.

binatang dengan tanduk panjang ini pada umumnya senang berkelompok dalam jumlah yang besar.
Antelope seperti banyak herbivora lainnya mengandalkan indera tajam untuk menghindari predator . Mata mereka ditempatkan di sisi kepala mereka , memberi mereka radius luas visi dengan penglihatan binokular minimal. Indra akut penciuman dan pendengaran memberikan antelope kemampuan untuk melihat bahaya pada malam hari di tempat terbuka ( ketika predator sering berkeliaran ) . Ini indera yang sama memainkan peran penting dalam kontak antara individu-individu dari spesies yang sama , tanda-tanda di atas kepala mereka , telinga , kaki , dan rumps digunakan dalam komunikasi tersebut . Banyak spesies "flash" tanda-tanda tersebut, serta ekor mereka , komunikasi vokal meliputi menggonggong keras , peluit , " moos " , dan terompet , banyak spesies juga menggunakan aroma menandai untuk menentukan wilayah mereka atau hanya untuk mempertahankan kontak dengan kerabat dan tetangga mereka.

Beberapa spesies antelope, seperti impala, springbok, dan saigas membentuk kelompok yang sangat besar selama musim migrasi ketika mereka berada di bergerak untuk menemukan makanan terbaik. Pada jantan biasanya tidak teritorial pada saat ini, tetapi mereka mungkin memisahkan selama musim kawin dan mengintai wilayah di mana mereka bersaing untuk betina. Mereka juga dapat menggunakan ukuran atau kekuatan menampilkan atau mengancam dengan tanduk mereka untuk menentukan jantan dominan dan untuk menjaga betina.

Referensi
Antelope. http://en.wikipedia.org/wiki/Antelope. ( 28 februari 2014 )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar