Sabtu, 26 April 2014

Panda


Panda Binatang yang Punya Hobi Makan


Panda adalah binatang yang hobi makan dengan menghabiskan waktunya dengan makan, dalam sehari binatang hitam putih ini makan batang pohon bambu yang menjadi menu makanan favoritnya  bisa mencapai  20 kg dihabiskan dalam waktu 16 jam dan sisa waktunya di pakai untuk istirahat. Sebelum film kartun “ Kungfu Panda “ beredar , panda sudah populer karena bentuk fisiknya yang lucu seperti boneka dengan warna kontras  hitam putih yang cerah sangat enak untuk dilihat di sukai anak-anak maupun orang dewasa.

binatang panda


Seperti Apa Panda itu


Panda dengan nama ilmiah Ailuropoda Melanoleuca adalah binatang mamalia yang biasanya diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang, Ursidae yang merupakan hewan endemic atau asli dari Tiongkok tengah. Panda tinggal di wilayah pegunungan, seperti Sichuan dan Tibet.
Panda memiliki warna dasar putih di tubuhnya dengan warna bulu hitam di sekitar mata mereka, di telinga mereka, moncong, kaki dan bahu. Mempunyai gigi geraham datar ulang dan pergelangan ukuran besar yang berfungsi sebagai jempol yang saling berlawanan kedua ciri fisik ini membantu panda untuk menggenggam, menghancurkan dan memakan bambu.

Panda
mempunyai ukuran panjang sekitar 150cm dari hidung ke pantat, dengan panjang ekor 10-15cm. seekor panda dewasa besar mempunyai berat sekitar 100-150kg, dengan jantan 10% lebih besar dan 20% lebih berat daripada betina.

Apa yang di Makan Panda


Sudah di jelaskan diatas bahwa panda sangat suka memakan batang tanaman bambu karena binatang ini memiliki sistem pencernaan karnivora , mereka tidak memiliki kemampuan untuk mencerna selulosa ( materi tanaman ) secara efisien dan dengan demikian memperoleh energi sedikit dan sedikit protein dari konsumsi bambu , jadi panda rata-rata harus makan sebanyak 20 sampai 45 lbs ( 9-20 kg ) dari batang pohon bambu sehari. Pada kesempatan, panda juga dikenal untuk makan bunga, tanaman merambat, rumput berumbai , jagung hijau, madu dan hewan pengerat.

Referensi

Giant Panda. http://en.wikipedia.org/wiki/Giant_panda. ( 26 april 2014 )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar