Selasa, 08 April 2014

Burung Betet


Jinaknya Burung Betet 

Burung betet adalah salah satu jenis burung yang mudah dan asyik untuk di jadikan hewan peliharan kesayangan anda karena mempunyai beberapa kelebihan, selain mempunyai warna bulunya yang indah dan cerah yang membuat enak melihatnya juga karena mudah untuk di jinakkan sehingga kalau sudah jinak dan sangat mengenal pemeliharanya bisa di lepas dikandang dan bisa di ajak untuk bermain-main.
burung betet jinak


Burung Seperti Apa Burung Betet

Burung betet mempunyai nama latin Psittacula alexandri dalam bahasa inggris di sebut Red breasted Parakeet atau Moustached Parakeet mungkin karena  bulu di bagian dadanya berwarna merah adalah sejenis burung anggota suku bayan dapat ditemukan mulai dari kaki pegunungan Himalaya, Cina selatan, Asia Tenggara, hingga Indonesia, jenis ini adalah yang paling tersebar luas di antara genusnya dan merupakan spesies yang memiliki banyak variasi geografis.

Burung betet mempunyai tubuh yang sedang dari kepala hingga ke ujung ekor sekitar 34 cm. mempunyai kepala besar, paruh bengkok dan kuat, kaki pendek dan lincah dengan dua jari menghadap ke belakang, bulu berwarna-warni sekalipun warna bulunya tidak sebanyak bulu nuri. Umumnya hanya merah dan hijau saja.Bulunya yang cerah membuat ia terlihat menarik kepala coklat kuning tua. Iris kuning, paruh merah, kaki abu-abu. Mahkota dan pipi abu-abu ungu, dengan kekang dan kumis hitam. Tengkuk, punggung, sayap, dan ekor, hijau. Kekangnya berwarna hitam. Dada merah jambu, paha dan perut hijau pucat. Iris kuning, paruh merah, dan kaki abu-abu.

Habitat dan Perilaku Betet

Burung betet menyebar hingga ketinggian 1500 m dpl di berbagai tipe hutan, termasuk hutan mangrove, kebun-kebun kelapa, mangga, kebun-kebun campuran pada umumnya, hingga ke taman-taman dan wilayah permukiman.

Perilaku betet menyukai hidup secara bergerombol dalam jumlah banyak, baik saat terbang maupun beristirahat dan bersarang dalam kelompok. Biasanya dalam sebatang pohon bisa ditempati banyak sarang yang tidak berjauhan.kalau terbang cukup cepat dalam kelompok melalui tempat terbuka sambil bersuara bising; dan hinggap dengan ribut karena kepakan sayapnya. Makan atau bertengger di pohon sambil saling berteriak. Suara seruan tajam berulang-ulang atau teriakan parau seperti terompet.

Makanan Burung Betet

Di habitat aslinya burung betet memakan macam-macam buah-buahan, biji-bijian,tunas pepohonan, serta bunga-bungaan, terutama bunga-bunga Parkia, Albizia dan Erythrina.

Kalau betet dijadikan burung peliharaan anda maka jumlah pakan yang diberikan untuk burung betet harus mencukupi kebutuhan, tetapi tidak berlebih. Jumlah yang cukup ini biasanya dapat diperkirakan berdasarkan pengamatan dan pengalaman sehari-hari pada burung betet peliharaan Anda. Pakan diberikan dua kali sehari, pagi dan siang hari. Pada pagi hari biasanya jumlahnya lebih banyak daripada pakan yang diberikan pada siang hari karena pada pagi hari burung lebih aktif makan. Setiap hari pakan harus diganti dengan yang baru, terutama bila pakan berupa buah-buahan karena buah yang sudah basi dapat menyebabkan burung menjadi sakit.

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang mudah di dapat dan disukai burung betet jika dijadikan burung peluharaan anda :

1.  Buah-buahan dan Sayuran
Macam-macam buah-buahan yang disukai burung betet diantaranya adalah pisang kepok dan pepaya dan sayuran seperti sawi putih dan wortel diberikan secara berkala sebagai sumber vitamin.

2. Biji-bijian
Biji-bijian merupakan makanan utama dari burung betet. Seperti, millet (seperti biji gandum namun lebih kecil bisa didapat di toko pakan burung), jagung muda yang sudah ada bijinya, biji jejawut, biji kenari, dan lainnya.

3. Mineral atau asinan
Burung betet memerlukan suplemen untuk menjaga kesehatan dan menambah produktivitas telur. Cangkang telur rebus yang sudah dikeringkan bisa menjadi suplemen alami. Tusukkan cangkang telur ayam yang sudah dijemur kering pada seutas kawat satu persatu. Kemudian simpan di pinggir kandang dekat dengan tempat pakan burung.

Referensi
Red Breasted Parakeet. http://en.wikipedia.org/wiki/Red-breasted_Parakeet. ( 27 februari 2014 )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar