Jumat, 04 April 2014

Elang Bondol


Mengenal Elang Bondol Si Maskot Kota Jakarta

Elang bondol merupakan maskot kota jakarta, keduanya di prediksi mempunyai nasib yang hampir sama yaitu ibukota Indonesia tersebut diprediksi akan tenggelam dan si elang tersebut akan mengalami kepunahan alias kita tak akan pernah melihat lagi binatang tersebut di habitat aslinya. Semoga saja kota Jakarta tidak akan jadi tenggelam karena pemerintah DKI sudah dan sedang melakukan upaya-upaya yang optimal untuk mengatasi banjir dan semoga saja si burung elang tersebut tidak jadi mengalami kepunahan malah sebaliknya berkembang biak dengan wajar. Tentu hal  itu akan terwujud dengan peran kita semua.

burung elang bondol


Seperti Apa Elang Bondol

Elang bondol mempunyai nama latin Haliastur Indus yang salah satu merupakan burung pemangsa yang mudah dikenali apabila dibandingkan dengan jenis elang lainnya karena penampilannya yaitu mempunyai warna yang khas dengan warna putih dari kepala sampai bagian dada. Sisa tubuhnya adalah cokelat mencolok. Mempunyai sayap yang lebar, dengan warna gelap, bagian ujung sayap dan ekor pendek .Kaki yang pendek dan tidak berbulu, warna dasar mata berwarna kuning dengan  bola mata berwarna hitam.

Habitat dan Penyebaran Burung Elang Bondol


Karena makanan utamanya ikan maka elang bondol hidup dan dapat ditemui di pantai-pantai dan lahan basah daratan dimana dapat mudah mendapatkan makanan. Elang ini tersebar di Asia Tenggara, Sri Lanka, Nepal, India, Pakistan, Bangladesh, dan Asia tenggara dan selatan sejauh New South Wales, Australia . Di Indonesia elang ini dapat ditemukan di kepulauan seribu jakarta.

Berkembang Biak


Musim kawin  elang bondol  Asia Selatan adalah dari Desember hingga April. Di Australia selatan dan timur adalah Agustus sampai Oktober, dan April-Juni di utara dan barat. Sarang dari elang ini dibangun di pohon hidup dekat air, biasanya bersarang  di pohon mangrove. Sarang besar terbuat dari rumput laut atau kayu apung dan dilapisi dengan berbagai bahan seperti lumut , tulang , rumput laut dan bahkan kertas .

Perilaku dan Makanan Elang Bondol

Seperti penjelasan diatas karena habitatnya di pantai-pantai maka makanan utama elang bondol  adalah ikan dan seringkali memakan ikan mati dan kepiting tapi kadang-kadang bisa memangsa hewan yang ada di darat seperti kelinci. Elang ini mempunyai perilaku yang agak nakal yaitu sering mencoba mencuri dan menyambar mangsa yang telah di dapatkan oleh elang lain atau burung lain dan seringkali memanfaatkan peluang untuk mendapatkan ikan tanpa susah payah dari lumba-lumba Irrawaddy yang menggiring ikan-ikan kepermukaan.

Referensi

Brahminy Kite. http://en.wikipedia.org/wiki/Brahminy_Kite. ( 18 februari, 2014 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar