Minggu, 06 April 2014

Burung Kasuari


Tendangan Maut Burung Kasuari

Bila anda melihat burung kasuari kemungkinan anda akan membandingkannya dengan burung unta dengan alasan karena bentuk fisik keduanya hampir sama, tubuhnya hampir sama besarnya, analisa perbandingan anda mungkin ada benarnya karena burung unta sepupuan dengan kasuari  namun dalam hal mana yang paling berat bobot tubuhnya burung unta adalah pemenangnya karena merupakan burung yang terberat di dunia dan kasuari menempati urutan kedua. Burung kasuari adalah burung yang pemalu namun bila merasa terganggu atau merasa terancam maka akan merubah mereka menjadi burung yang paling berbahaya di dunia dan mereka akan menyerang dengan hal yang  paling ditakutkan oleh hewan lain bahkan manusia yaitu tendangannya yang akan sangat melukai anda bila terkena bahkan bisa mengakhiri hidup anda.

fakta burung kasuari


Seperti Apa Burung Kasuari

Burung kasuari adalah burung besar yang tidak bisa terbang yang umumnya berwarna hitam legam saat mereka sudah dewasa, warna kulit yang indah pada wajah dan leher mereka bervariasi sesuai dengan jenis dan lokasi. Mereka mempunyai bulu yang lebat di hampir seluruh tubuhnya bila dilihat dari jauh seperti rambut, bulu ini berguna untuk perlindungan dari habitat kasuari yaitu hutan hujan juga berguna untuk  menjaga burung kering dan aman dari duri tajam yang ditemukan pada banyak tanaman hutan hujan. Kasuari dewasa tingginya bisa mencapai 180 cm, berat rata-rata 38 kg untuk jantan dan 47 kg untuk betina, jadi berat burung betina lebih berat daripada jantan dan warnanya lebih terang.

Burung kasuari terdiri dari tiga spesies yaitu Kasuari Gelambir Tunggal atau dengan nama latin yaitu Casuarius unappendiculatus, Kasuari Gelambir Ganda atau dengan nama latin yaitu Casuarius casuarius, dan Kasuari Kerdil atau dengan nama latin yaitu Casuarius bennetti. Ketiga spesies ini memiliki puncak seperti tanduk tapi lembut dan kenyal disebut casques di kepala mereka , ukurannya bisa mencapai 18 cm

 Beberapa kegunaan casques bagi kasuari  telah diusulkan. Salah satu kemungkinan adalah bahwa mereka adalah karakteristik seksual sekunder. Saran lainnya termasuk bahwa mereka digunakan untuk alat melalui semak-semak , sebagai senjata untuk sengketa dominasi , atau sebagai alat untuk mendorong  dan menyingkirkan daun saat mencari makan .

Walaupun burung kasuari tidak bisa terbang namun mereka mempunyai banyak keahlian seperti bisa berlari hingga 50 km / jam ( 31 mph ) melalui hutan lebat . Mereka bisa melompat hingga 1,5 meter ( 4,9 kaki) dan mereka adalah perenang yang baik , menyeberangi sungai lebar dan berenang di laut juga.

Habitat dan Makanan Burung kasuari

Burung kasuari adalah binatang  asli hutan hujan lembab New Guinea dan pulau-pulau kecil di dekatnya , dan timur laut Australia . Mereka  bisa di lihat di padang rumput , savana , dan hutan rawa
Makanan utama burung kasuari adalah buah-buahan . Selain buah-buahan mereka juga memakan bunga , jamur , siput , serangga , katak , burung , ikan , tikus  , dan bangkai . Buah dari setidaknya 26 keluarga tanaman telah didokumentasikan dalam makanan kasuari  seperti buah dari laurel , podocarp , kelapa , anggur liar , nightshade , dan keluarga murad imerupakan menu penting dalam makanan .
Dimana pohon yang ditinggalkan buah , burung kasuari akan datang dan makan , Mereka pindah ketika buah habis . saat makan buah mereka menelan utuh buah-buahan tersebut , bahkan buah-buah dengan ukuran lumayan besar seperti pisang dan apel .

Referensi
Cassowary http://en.wikipedia.org/wiki/Cassowary. ( 24 februari 2014 )

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar