Sabtu, 12 April 2014

Koala


Mengenal Koala Si Hewan Pemalu

Koala adalah salah satu binatang selain simpanse dan gorilla yang mempunyai persamaan dengan manusia yang tidak dimilki hewan yang lain yaitu mempunyai sidik jari yang sangat mirip dengan sidik jari manusia bahkan dibawah mikroskop, sangat sulit untuk membedakan keduanya. Masih dalam perdebatan manfaat dan tujuan dari sidik jari binatang pemalu ini.

sidik jari koala

Seperti Apa Koala Itu

Koala dengan nama ilmiah Phascolarctos cinereus adalah salah satu binatang berkantong (marsupial) khas dari Australia dan merupakan wakil satu-satunya dari keluarga Phascolarctidae. Pada umumnya, banyak dikatakan bahwa kata koala berasal dari bahasa Australia pribumi yang berarti tidak minum. Koala sebenarnya minum air tetapi sangat jarang karena makanannya, daun ekaliptus, sudah mengandung cukup air sehingga koala tidak perlu turun dari pohon untuk minum.

Koala mirip dengan wombat yang tak lain adalah saudara terdekat mereka, namun memiliki bulu yang lebih tebal dan lembut, telinga yang lebih besar, dan kaki dan tangan yang lebih panjang dilengkapi dengan cakar yang besar dan panjang untuk membantunya memanjat.

Beratnya bervariasi dari 14 kg untuk jantan selatan yang besar, sampai 5 kg untuk betina utara yang kecil. Mereka biasanya diam, tetapi koala jantan memiliki teriakan penarik yang kuat yang dapat didengar hampir satu kilometer pada musim kawin.

Habitat dan Makanan dan Perilaku Koala

Koala dapat ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia mulai dari Adelaide sampai ke Semenanjung Cape York, dan sampai jauh ke pedalaman karena ada curah hujan yang cukup untuk mendukung hutan yang cocok bagi koala.

Makanan utama koala adalah daun ekaliptus. Daun ekaliptus mengandung protein dalam jumlah rendah, zat tak tercerna dalam kadar tinggi, dan mengandung senyawa fenol dan terpena yang beracun bagi spesies lain. Seperti wombat dan kukang, koala memiliki tingkat metabolisme yang rendah untuk seekor mamalia dan istirahat tanpa bergerak sekitar 20 jam sehari, dari kebanyakan waktu tersebut digunakan untuk tidur. Mereka makan tidak tergantung waktu, tetapi biasanya pada malam hari. Koala umumnya memakan 500 gram daun ekaliptus per hari, mengunyah mereka sampai menjadi pasta yang halus sebelum menelannya. Hatinya memisahkan bahan beracun dan siap untuk dibuang, dan "hind gut"nya (terutama caecum) lebih besar untuk mengambil jumlah nutrisi maksimum dari makanan yang berkualitas rendah.

Referensi
Koala. http://en.wikipedia.org/wiki/Koala. ( 12 april 2014 )

Baca juga artikel tentang ikan yang cerdas yaitu Lumba-Lumba Hidung Botol




Tidak ada komentar:

Posting Komentar