Kamis, 10 April 2014

Kecoa


Kenapa Manusia Benci dengan Kecoa 

Kecoa adalah salah satu binatang yang paling di benci oleh manusia dengan berbagi alasan, jadi kalau ketemu dengan binatang ini  yang dilakukan manusia yang sudah terlanjur benci  ada  tiga hal yang sering dilakukan yaitu yang pertama menjauhi  ini biasanya dilakukan oleh orang yang takut atau jijik dengan si kecoa, yang kedua mengusirnya ini biasanya dilakukan oleh orang yang serba salah yaitu merasa terganggu dengan kehadiran kecoa namun takut berdosa atau gak tega kalau sampai membunuhnya, yang ketiga oleh orang yang sangat benci tingkat tinggi dengan si kecoa ini hingga punya niat untuk membunuhnya dengan berbagai cara seperti dipukul dengan menggunakan berbagai benda sampai mati, diinjak dengan kaki sekuatnya, dijepret dengan karet  atau di semprot dengan obat anti serangga biasanya membunuh satu kecoa bisa hampir menghabiskan obat anti serangga karena lincahnya si kecoa untuk menghindari dari semprotan dan kalau sudah kesemprot yang membuatnya sekarat dengan membiarkan juga akan membuat kecoa mati namun karena saking kesalnya si manusia akan menyemprot lebih banyak obat itu untuk memastikan si kecoa mati.



Seperti Apa Kecoa Itu

Kecoa adalah serangga dari ordo blattaria atau Blattodea, dimana sekitar 30 spesies dari total 4.500 berhubungan dengan habitat manusia. Sekitar empat spesies dikenal sebagai hama. Kecoa adalah serangga yang umumnya agak besar. Sebagian besar spesies adalah tentang ukuran thumbnail , tetapi beberapa spesies yang lebih besar . Kecoa terberat di dunia adalah raksasa menggali kecoa Australia , yang bisa mencapai 9 cm panjangnya dan berat lebih dari 30 gram. Sebanding dalam ukuran adalah Amerika Tengah raksasa kecoa Blaberus giganteus , yang tumbuh dengan panjang yang sama tetapi tidak berat .

Kecoa memiliki luas, rata tubuh dan kepala yang relatif kecil. Secara umum mereka seperti serangga lainnya dengan beberapa adaptasi khusus , dan mungkin di antara serangga neopteran hidup yang paling primitif. Mulut berada di bawah kepala dan termasuk umum rahang mengunyah. Mereka memiliki mata besar senyawa , dua ocelli , dan panjang , fleksibel , antena .

Sepasang sayap pertama ( tegmina ) adalah kuat dan sebagai pelindung. Semua empat sayap telah bercabang pembuluh darah longitudinal, dan multiple cross- vena. Kaki yang kokoh, dengan coxae besar dan lima cakar masing-masing. Perut memiliki sepuluh segmen dan beberapa Cerci .

Habitat dan Perilaku Kecoa

Kecoa hidup di berbagai lingkungan di seluruh dunia. Spesies hama beradaptasi dengan mudah ke berbagai lingkungan, tetapi lebih memilih kondisi hangat ditemukan dalam bangunan. Banyak spesies tropis lebih suka lingkungan yang lebih hangat.

Kecoa terutama pada malam hari bila terkena cahaya akan membuat mereka lari untuk menghindar . Pengecualian yang aneh adalah kecoa Asia , yang tertarik pada cahaya. Duri pada kaki yang sebelumnya dianggap sensorik , tetapi pengamatan gerak mereka di atas pasir dan kawat jerat telah menunjukkan mereka membantu dalam pergerakan di medan sulit. Struktur telah digunakan sebagai inspirasi untuk kaki robot .
 
Kecoa meninggalkan jejak kimia dalam kotoran mereka, serta memancarkan feromon udara untuk swarming dan kawin . Ini jejak kimia mengirimkan bakteri ke permukaan. Kecoa lain akan mengikuti jejak ini untuk menemukan sumber makanan dan air , dan juga menemukan di mana kecoa lainnya bersembunyi . Dengan demikian , kecoa dapat menunjukkan perilaku muncul , di mana kelompok atau kawanan perilaku muncul dari satu set sederhana interaksi individu.

Ritme harian juga dapat diatur oleh satu set kompleks kontrol hormonal yang hanya sebagian kecil telah dipahami . Pada tahun 2005 , peran dari salah satu dari protein ini, pigmen membubarkan faktor ( PDF ) , diisolasi dan ditemukan untuk menjadi mediator kunci dalam ritme sirkadian dari kecoa.

Alasan Manusia Benci Kecoa 

Dibawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan sebagian besar manusia membenci kecoa yaitu sebagai berikut :

1. Bentuk fisik kecoa yang menggelikan dengan kaki yang berbulu atau berduri.

2. Kecoa dianggap kotor dan jorok juga bau dikarenakan serangga ini menyukai tempat yang lembab sehingga mereka biasa tinggal di dapur dan kamar mandi atau di gorong-gorong yang biasanya memang kotor.

3. Karena kecoa dianggap kotor, jorok dan bau maka dianggap membawa kuman penyakit.

4. Kecoa adalah binatang omnivora sehingga memungkinkan untuk memakan apa saja termasuk makanan dan hidangan yang ada dirumah manusia sehingga dianggap akan membawa kuman penyakit ke makanan manusia.

Referensi
Cockroach.http://en.wikipedia.org/wiki/Cockroach. ( 10 april 2014 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar