Sabtu, 05 April 2014

Lumba-Lumba Hidung Botol


Lumba-Lumba hidung Botol Si Ikan Cerdas

Lumba-lumba hidung botol adalah jenis lumba-lumba yang paling pupuler bila dibandingkan dengan jenis yang lain selain paling populer di pertunjukan atraksi binatang, mereka juga sering ada di beberapa film seri dan program di tv ataupun film layar lebar ini di karenakan lumba-lumba jenis ini juga dikenal sebagai binatang  yang cerdas . penampilan fisik ikan ini seperti mulut melengkung mereka memberikan penampilan, tetap senyum terkesan ramah dan bersahabat, dan mereka dapat dilatih untuk melakukan trik yang kompleks.

ciri-ciri lumba-lumba hidung botol

Seperti Apa Lumba-Lumba Hidung Botol

Lumba-lumba hidung botol adalah mamalia laut dengan nama latin Tursiops Truncatus dari keluarga Delphinidae, keluarga lumba-lumba laut. Studi molekuler terbaru menunjukkan genus berisi dua spesies, lumba-lumba hidung botol ( Tursiops truncatus ) dan lumba-lumba hidung botol Indo Pasifik ( Tursiops aduncus ), Penelitian pada tahun 2011 mengungkapkan spesies ketiga, Burrunan lumba-lumba ( Tursiops Australis ). 

Lumba-lumba hidung botol menghuni laut hangat dan beriklim seluruh dunia. Habitatnya berada di perairan hangat di seluruh dunia dan dapat ditemui di hampir seluruh perairan kecuali Samudra Arktik dan Samudra Selatan.

Lumba-lumba hidung botol mempunyai warna abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung, di bagian bawah atau sekitar perut berwarna abu-abu sangat ringan dan hampir putih. Variasi warna ini membuat mereka sulit untuk dilihat baik dari atas dan bawah ketika mereka berenang. Panjang dewasa berkisar panjang antara 2 dan 4 meter dan berat antara 150 dan 650 kg. Lumba-lumba hidung botol jantan rata-rata sedikit lebih panjang dan jauh lebih berat daripada betina. Ukuran mereka bervariasi dengan berbagai habitat  kecuali di Pasifik timur lumba-lumba di perairan hangat dangkal cenderung lebih kecil dibandingkan di perairan dingin pelagis. 


Di alam liar lumba-lumba hidung botol dapat mencapai kecepatan lebih dari 18 mil (30 kilometer) per jam. Mereka sering ke permukaan untuk bernapas, melakukannya dua atau tiga kali per menit. Lumba-lumba hidung botol bepergian dalam kelompok sosial dan berkomunikasi satu sama lain dengan sistem yang kompleks berderit dan peluit.

Makanan dan Karakter

Lumba-lumba hidung botol biasa hidup dalam kelompok yang disebut polong yang biasanya berjumlah sekitar 15 orang , tapi ukuran kelompok bervariasi dari pasangan lumba-lumba untuk lebih dari 100 atau bahkan kadang-kadang lebih dari 1000 ekor untuk jangka waktu yang singkat .

Makanan si lumba-lumba ini adalah cumi-cumi, udang dan berbagai ikan. Saat makan mereka tidak mengunyah makanan mereka tetapi menelannya utuh. Kelompok lumba-lumba ini  sering bekerja sebagai tim meskipun mereka juga berburu secara individual . lumba-lumba hidung botol  mencari mangsa terutama menggunakan echolocation , yang merupakan bentuk sonar . Mereka memancarkan mengklik suara dan mendengarkan kembali menentukan lokasi dan bentuk barang-barang di dekatnya, termasuk mangsa potensial.   

Si lumba-lumba ini juga menggunakan suara untuk berkomunikasi, termasuk berderit dipancarkan dari blowhole tersebut , peluit dipancarkan dari kantung hidung bawah blowhole tersebut , dan suara dipancarkan melalui bahasa tubuh , seperti melompat dari air dan menampar ekor mereka di atas air . Kepala mereka mengandung zat berminyak yang baik bertindak sebagai lensa akustik dan melindungi kasus otak . Di alam liar, lumba-lumba hidung botol saat berenang kecepatanya dapat mencapai  lebih dari 18 mil (30 kilometer) per jam.

Cara Berkembang-Biak Lumba-Lumba Hidung Botol

Lumba-lumba hidung botol jantan bersaing untuk ke akses betina selama musim kawin.
Kompetisi tersebut dapat berbentuk memerangi jantan yang lain atau menggiring betina untuk mencegah akses ke jantan yang lain.

Ketinggian aktivitas seksual dari lumba-lumba hidung botol pada bulan Maret dan April. Di perairan Eropa , keturunan yang lahir di tengah musim panas , sementara kelahiran di lepas pantai Florida terjadi dari Februari sampai Mei . Interval normal antara betis adalah 2-3 tahun , tetapi keturunan lain dapat diproduksi setahun kemudian jika anak pertama meninggal saat lahir. Kehamilan lumba-lumba ini adalah 12 bulan . 


Referensi
Common bottlenose dolphin. http://en.wikipedia.org/wiki/Common_bottlenose_dolphin. ( 21 februari, 2014 )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar