Jumat, 04 April 2014

Ikan Pesut


Pesona Ikan Pesut

Kalau anda hobi melihat pertunjukan sirkus dan pertunjukan atraksi binatang atau setidaknya pernah berada disana untuk menemani anak anda, maka akan terpesona oleh keahlian beberapa binatang salah satunya ikan pesut dengan penampilan fisiknya yang lucu dan bersahabat juga dengan gerakan-gerakan akrobat yang lucu dan atraksi si ikan ini yang paling di ingat adalah apabila mereka menyemburkan air dari mulutnya atau meludah air tentu sangat menghibur anda terutama anak-anak anda. Pertunjukan atraksi pesut atau binatang lainnya saat ini mengundang pro kontra, bagi yang pro tentu saja ini merupakan ladang bisnis yang bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan bagi yang kontra hal ini dianggap merupakan eksploitasi terhadap binatang.

ikan pesut mahakam


Seperti Apa Ikan Pesut

Ikan pesut mempunyai nama latin Orcaella brevirostris  adalah spesies euryhaline lumba-lumba laut yang ditemukan di sub-populasi terputus dekat pantai laut dan di muara dan sungai di bagian Teluk Benggala dan Asia Tenggara seperti Filipina dan Papua Nugini. Mamalia laut  Ini adalah salah satu dari dua spesies dalam genus nya. Ini kadang-kadang terdaftar dengan berbagai dalam keluarga hanya berisi itu sendiri dan di Monodontidae dan Delphinapterus. Saat ini sudah ada kesepakatan luas bahwa ikan pesut termasuk dalam keluarga Delphinidae. Secara genetik, ikan pesut erat terkait dengan paus pembunuh (orca). Spesies nama brevirostris berasal dari bahasa latin yang berarti pendek berparuh. Pada tahun 2005, analisis genetik menunjukkan Snubfin dolphin Australia ditemukan di pantai utara Australia membentuk spesies kedua dalam genus Orcaella.

Ikan pesut  memiliki kepala yang bulat dan mereka tidak memiliki paruh sama sekali . Dahi melampaui bagian wajah . Tubuh mereka berwarna  abu-abu gelap atau biru gelap dan mereka memiliki warna dibagian perut abu-abu lebih ringan. Mereka memiliki sirip punggung kecil dan itu adalah segitiga berbentuk dengan ujung bulat. pesut memiliki sirip panjang dan lebar 70 inci sampai 108 inci. Berat ikan ini dapat mencapai sekitar 215-350 kilogram. Bila dibandingkan ikan pesut jantan cenderung lebih panjang dan lebih berat daripada betina . Mereka juga memiliki sirip punggung yang lebih besar.Gigi si pesut ini sangat sempit dan runcing. Mereka terletak baik di bawah dan daerah rahang atas. 


Makanan dan Cara Berkembang-Biak

Ikan Pesut memakan ikan lain yang lebih kecil, telur ikan, kepiting dan cumi walaupun tidak banyak yang diketahui tentang metode perburuannya namun umumnya ketika mencari makanan mereka akan menyelam selama 1 sampai 2 menit, namun mereka telah diamati menahan napas sampai 12 menit mungkin lebih lama bila diperlukan.

Tidak ada informasi yang sangat banyak tentang cara kawin diidentifikasi untuk si pesut ini . Hal ini diyakini bahwa mereka tidak berkembang biak dalam kelompok-kelompok kecil mereka meskipun dan akan berinteraksi dengan polong lain untuk tujuan ini. Perkawinan diyakini terjadi setiap saat dari bulan Desember sampai bulan Juni. Ikan pesut jantan diyakini sangat kompetitif sehingga mereka dapat kawin dengan banyak betina. Perkiraan kasar juga menunjukkan bahwa mereka mencapai kematangan seksual antara usia 4-9 tahun di mana mereka kemudian dapat mulai kawin dan keturunan bantalan mereka sendiri .Masa kehamilan rata-rata ( periode dari konsepsi sampai lahir ) adalah sekitar 9-14 bulan .Ikan pesut biasanya mereproduksi satu keturunan setiap 2 - 3 tahun . 

Cara Berkomunikasi Ikan Pesut

Ikan pesut berkomunikasi dengan menggunakan serangkaian klik dan berdengung suara yang memungkinkan mamalia laut ini untuk berbicara satu sama lain dan menentukan mana yang dalam kelompok berkomunikasi .

Referensi
Irrawaddy dolphin. http://en.wikipedia.org/wiki/Irrawaddy_dolphin. ( 4 april 2014 )


Baca juga artikel tentang Ular Dipong


.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar