Jumat, 11 April 2014

Ulat


Fakta –Fakta Menarik Ulat 

Ulat bagi anda mungkin hanyalah binatang yang menjadi bagian metamorfosis dari kupu-kupu atau di kenal sebagai binatang perusak tanaman karena memakan daun dan bagian dari tanaman dengan rakusnya. Ulat sering dianggap fase yang buruk atau yang jelek dari metamorfosis sedangkan kupu-kupu dianggap bagian yang baik dan berkaitan dengan keindahan. Ulat yang paling di kenal oleh sebagian besar orang indonesia khususnya adalah  ulat bulu karena mungkin sering melihat dan menemukannya dihalaman atau kebun atau mengetahui binatang ini karena ada beberapa kasus serangan ulat bulu di beberapa desa di Indonesia.

ulat bulu

Bagaimana Penampilan Ulat Itu

Ulat adalah bentuk larva dari anggota dari ordo Lepidoptera (urutan serangga yang terdiri dari kupu-kupu dan ngengat), lalu bagaimana dengan penampilan ulat yaitu mempunyai tubuh lunak yang dapat tumbuh dengan cepat. Hanya kapsul kepala mengeras . Rahang yang keras  dan tajam untuk mengunyah daun, di balik rahang dari ulat adalah pemintal sutra. Mempunyai antena yang dibagian  kedua sisi labrum , tapi ukurannya kecil dan relatif tidak mencolok. 

Banyak ulat mempunyai warna tubuh yang samar dan menyerupai tanaman yang mereka makan.. Mereka bahkan mungkin memiliki bagian-bagian yang meniru bagian tanaman seperti duri . Ukuran mereka bervariasi dari 1 mm sampai sekitar 75 milimeter ( 3,0 in) . Beberapa terlihat seperti benda-benda di lingkungan seperti kotoran burung. Banyak pakan tertutup di dalam galeri sutra , digulung daun atau pertambangan antara permukaan daun . Ulat dari Nemoria arizonaria yang tumbuh di musim semi pakan pada catkins oak dan tampak hijau . Merenung musim panas muncul seperti ranting oak. Pengembangan diferensial ini terkait dengan konten tannin dalam makanan.

Cara Ulat Mempertahankan Diri

Ulat adalah salah satu makanan favorit bagi hewan lain atau predator seperti bermacam serangga dan burung karena ulat mengandung banyak protein oleh karena itu hewan ini telah melakukan banyak evolusi untuk mempertahankan diri antara lain yaitu dengan penampilan tubuh penuh bulu berduri yang membuat predator enggan mendekati, menyamarkan diri serupa dengan warna tanaman atau habitatnya tersebut sehingga luput dari pengawasan predator atau yang paling ekstrim yaitu beberapa ulat telah berevolusi penanggulangan yang memungkinkan mereka untuk makan daun tanaman beracun. Selain menjadi tidak terpengaruh oleh racun , ulat menyerap dalam tubuh mereka , membuat mereka sangat beracun bagi predator .

 
Referensi
Caterpillar. http://en.wikipedia.org/wiki/Caterpillar. ( 28 maret 2014 )

Baca juga artikel tentang ikan yang mempunyai bentuk yang lucu yaitu Ikan Pesut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar