Rabu, 09 April 2014

Walabi


Walabi Si Kangguru Kecil

Walabi mempunyai hubungan dengan kangguru adalah salah satu dari sekitar tiga puluh spesies keluarga Macropodidae yang merupakan sebutan resmi umumnya digunakan untuk setiap macropod yang lebih kecil dari kangguru atau wallaroo. Binatang ini dapat ditemukan di Australia dan ada berbagai jenis walabi ditemukan di seluruh negeri dengan di semua habitat yang berbeda .

kantong walabi


Seperti Apa Walabi Itu

Seperti semua macropods walabi juga memiliki kaki belakang yang kuat dengan kaki panjang. Mereka naik kaki belakang mereka ketika bepergian cepat, menggunakan ekor sebagai keseimbangan. Ini seperti memantul di musim semi. Ini adalah cara yang hemat energi bepergian jarak yang jauh. Kaki depan mereka kecil . Mereka adalah marsupial. Seperti halnya kangguru, walabi betina mempunyai kantong seperti yang macropods lainnya adalah front- opening. Kantong dari beberapa marsupial, seperti wombat yang membuka ke belakang sehingga mereka tidak mengisi dengan kotoran ketika betina menggali liang.Walabi lebih kecil dari kanguru.

Walabi bukan kelompok genetik yang berbeda. Namun demikian, mereka jatuh ke dalam beberapa kategori. Walabi khas dari genus Macropus, seperti walabi lincah (Macropus agilis), dan walabi merah berleher (Macropus rufogriseus) paling erat terkait dengan kanguru dan wallaroo dan, ukuran samping, terlihat sangat mirip. Ini adalah yang paling sering terlihat, khususnya di negara-negara selatan.

Rock walabi ( genus Petrogale ), agak mirip dengan kambing dari belahan bumi utara, mengkhususkan diri dalam medan kasar dan telah dimodifikasi kaki disesuaikan dengan pegangan batu dengan gesekan kulit daripada menggali ke dalam tanah dengan cakar yang besar. Setidaknya ada lima belas spesies dan hubungan antara beberapa dari mereka kurang dipahami. Beberapa terancam punah. Batu program pemuliaan walabi Captive seperti yang di Healesville Sanctuary telah memiliki beberapa keberhasilan dan sejumlah kecil baru saja dilepaskan ke alam liar.

Habitat dan Makanan Walabi

Walabi tinggal di tempat-tempat berumput atau berbatu. Binatang berkantung ini adalah herbivora yang makanannya terdiri dari berbagai macam rumput, sayuran, daun-daunan dan  lainnya. Karena urbanisasi terakhir, banyak walabi sekarang makan di daerah pedesaan dan perkotaan . Walabi menutupi jarak yang luas untuk makanan dan air , yang sering langka di lingkungan mereka. Walabi sering berkumpul di sekitar lubang air yang sama selama musim kemarau. Mereka  aktif di malam hari dan beristirahat pada siang hari.


Referensi
Wallaby. http://en.wikipedia.org/wiki/Wallaby. ( 28 februari 2014 )

Baca juga artikel tentang binatang maskot kota Jakarta yaitu Elang Bondol




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar