Senin, 07 April 2014

Ikan Buntal


Ikan Buntal Ikan Paling Beracun di Dunia

Ikan buntal atau puffer fish, ada juga yang menyebut ikan ini blowfish adalah ikan yang punya keunikan tersendiri yaitu apabila sedang dalam situasi terancam oleh ikan predator dan lain sebagainya akan tiba-tiba menggelembung dan mengeluarkan duri-duri untuk menakut-nakuti kepada yang mengancam hidupnya dan jika si predator tidak terpengaruh dan tidak takut dengan gertakan si ikan gelembung dan melanjutkan niatnya untuk memangsanya maka si predator itu akan mengalami masalah serius karena si ikan buntal masih punya senjata pamungkas yaitu pada duri-durinya yang mengandung racun yang sangat mematikan yang akan membuat si predator hidupnya berakhir sampai disini.

racun ikan buntal


Seperti Apa Ikan Buntal itu Sebenarnya.

Ikan buntal  dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis  tetapi ada beberapa spesies yang ditemukan di air tawar juga. Ada lebih dari 150 spesies ikan ini ditemukan di seluruh dunia .Ikan gelembung termasuk ikan vertebrata dimana matanya mampu bergerak secara bebas, dan banyak spesies dapat mengubah warna atau intensitas pola mereka dalam menanggapi perubahan lingkungan. Dalam hal ini, mereka agak mirip dengan bunglon. Meskipun sebagian besar warna spesies ikan buntal tidak memiliki warna yang tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya namun ada banyak yang memiliki warna-warna cerah dan tanda-tanda yang khas, dan tidak berusaha untuk bersembunyi dari predator .

Makanan dan Racun Ikan Buntal

Anda jangan terlena dengan penampilan ikan buntal yang kelihatanya lucu apalagi saat menggelumbungkan tubuhnya karena ikan ini merupakan termasuk dalam kelompok karnivora alias pemakan daging dan punya gigi yang menyatu dan tajam yang dipakai untuk menghancurkan mangsanya. Beberapa hewan yang jadi makanan ikan buntal adalahi ganggang, udang, kepiting, bulu babi  dan kerang-kerangan.

Ikan buntal tidak terlalu ahli berenang maka sering kali mendapatkan ancaman. Makanya, supaya tidak  jadi santapan ikan lain, ikan ini bertahan dengan cara memasukkan banyak air ke dalam tubuhnya dan menggembung. Ketika menggembung, ukuran tubuh ikan buntal bisa mencapai dua atau tiga kali lipat daripada ukuran normalnya. Ketika menggembung, duri-duri beracun pada tubuhnya pun keluar dan mengeras.

Ikan buntal mempunyai racun yang terdapat pada duri-durinya saat menggelembung dan perlu diketahui racun ikan ini termasuk racun yang sangat berbahaya karena racun yang ada pada seekor ikan buntal bisa membunuh beberapa orang dewasa.

Referensi
Tetraodontidae . http://en.wikipedia.org/wiki/Tetraodontidae. ( 24 februari 2014 )










                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar