Rabu, 23 April 2014

Bunga Kenanga


Lebih Dalam Mengenal  Bunga Kenanga


Untuk orang yang pernah menikah beberapa diantaranya pasti tahu bahwa bunga kenanga adalah salah satu bunga  yang menjadi bagian dari pernikahan selain bunga melati dimana bunga ini di sebar di tempat tidur pasangan pengantin baru, mungkin karena wanginya yang khas seperti  aromaterapi dimana akan membuat pasangan pengantin baru menjadi lebih rileks dan nyaman. Seperti yang sudah diketahui bahwa bunga kenanga dikenal dengan tanaman perfume, karena memiliki wangi yang harum. Pada sebagian masyarakat Jawa, bunga ini sering digunakan dalam ritual bersama melati, mawar dan bunga lainnya yang direndam dalam air yang berasal dari 7 sumur. Air rendaman ini biasa disebut ‘air bunga setaman’ yang digunakan untuk dimandikan pada calon pengantin saat acara siraman. Selain itu bunga ini  juga digunakan untuk acara upacara tingkeban atau 7 bulanan.Bunga kenanga merupakan bunga yang digemari oleh keluarga keraton karena memiliki wangi yang harum sejak lama.

manfaat bunga kenanga


Seperti Apa Bunga Kenanga Itu


Bunga kenanga adalah bunga dari tanaman kenanga dengan nama ilmiah Cananga odorata dimana terdiri dari dua jenis yaitu :

1. Kenanga biasa  (macrophylla) yang merupakan tumbuhan asli di Indonesia dimana tanaman dapat tumbuh dengan cepat hingga lebih dari 5 meter per tahun dan mampu mencapai tinggi rata-rata 12 meter. Batang pohon kenanga ini lurus, dengan kayu keras dan cocok untuk bahan peredam suara . Memerlukan sinar matahari penuh atau sebagian, dan lebih menyukai tanah yang memiliki kandungan asam di dalam habitat aslinya di dalam hutan tadah hujan. Daunnya panjang, halus dan berkilau. Bunganya hijau kekuningan (ada juga yang bersemu dadu, tetapi jarang), menggelung seperti bentuk bintang laut, dan mengandung minyak biang, cananga oil yang wangi.

2. Kenanga Filipina ( genuina ) atau sering disebut ylang-ylang yang merupakan bahasa Tagalog dari kata ilang yang berarti " padang gurun "  yang  mengacu pada habitat aslinya tanaman ini atau kata ilan ilang  yang berarti " langka ". ylang-ylang  tanaman kenanga berupa perdu setinggi 15 meter dengan diameter batang sekitar 40 cm.

Selain itu, masih dikenal pula kenanga perdu (Cananga odorata fruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah.

Kenanga biasa maupun kenanga filipina  akan tumbuh baik di kawasan dengan ketinggian antara 0 m. sampai dengan 700 m dibawah permukaan laut. Namun pertumbuhan optimal akan diperoleh pada ketinggian antara 400 sd. 600 m dibawah permukaan laut. Dua jenis kenanga  ini juga menghendaki iklim yang sangat basah, yakni curah hujan antara 2.300 sd. 3.000 mm. per tahun. Kedua jenis tanaman kenanga  ini hampir tidak memerlukan perlakuan yang istimewa dalam hal penanaman dan budidayanya dimana penanaman tanaman bunga kenanga biasa maupun ylang-ylang sebaiknya dilakukan pada awal musim penghujan. Di Jawa, waktunya sekitar bulan Oktober atau November. Hama yang paling berbahaya hanyalah ulat bulu yang akan menurunkan produktifitas, namun tidak akan sampai merusak atau mematikan tanaman.

Manfaat Bunga kenanga


Bunga kenanga mempunyai banyak manfaat salah satunya untuk mengobati berbagai penyakit diantaranya malaria, sesak nafas, Bronkhitis, bau badan, sakit kepala, hepatitis, keputihan radang saluran kencing dan lain sebagainya. Berdasarkan banyaknya penelitian yang dilakukan dalam mengobati berbagai penyakit tersebut disebabkan karena mengandung sejumlah komponen kimia penting. Di antaranya, flavonoida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri. Terutama minyak atsirinya yang mempunyai bau yang sangat khas ini mengandung beberapa komponen penting yang dapat digunakan juga sebagai insektisida alami dimana biasanya insektisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk memberantas hama serangga.

Referensi
Kenanga. http://id.wikipedia.org/wiki/Kenanga. ( 23 april 2014 )
Cananga Odorata. http://en.wikipedia.org/wiki/Cananga_odorata. ( 23 april 2014 )
Dan berbagai sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar