Selasa, 15 April 2014

Kutu Kepala



Mengenal  Lebih Detil Kutu Kepala

Kutu kepala atau kutu rambut adalah salah satu masalah pada rambut kepala manusia selain rambut berketombe, rambut rontok atau rambut bercabang karena kalau di biarkan akan menjadi masalah sangat serius walaupun kutu ini tidak berbahaya dan mereka tidak menyebarkan penyakit namun mereka dapat dengan mudah berpindah dan menyebar dari satu orang ke orang yang lainnya dan juga gigitan mereka dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gatal dan meradang , dan akan membuat anda menggaruk terus-menerus  hingga menyebabkan iritasi kulit dan bahkan infeksi kepala. Biasanya anak-anak dengan usia 3 sampai 12 tahun mempunyai masalah dengan kutu ini dan kebanyakan anak perempuan daripada anak laki-laki. Membahas mengenai kutu ini mungkin tidak membuat anda bersemangat karena sangat menjijikan tapi alangkah baiknya anda untuk mengetahui setidaknya untuk menambah wawasan anda.

kutu kepala manusia

Apa itu Kutu Kepala

Kutu kepala atau kutu rambut dengan nama ilmiah Pediculus Humanus Capitis  adalah sejenis serangga parasit yang menghabiskan seluruh hidup mereka di kulit kepala manusia dan makan secara eksklusif pada darah manusia. Kutu dewasa ukurannya tidak lebih besar dari biji wijen dengan warna putih keabu-abuan atau cokelat setelah menghisap darah warnanya jadi agak kemerahan mempunyai 6 kaki dan moncong yang gunanya untuk menggigit dan menghisap darah. Anak kutu kepala lebih kecil dan menjadi kutu dewasa sekitar 1 sampai 2 minggu setelah mereka menetas. Kebanyakan kutu menghisap darah beberapa kali sehari , tetapi mereka bisa tahan hingga 2 hari dari kulit kepala. Kutu betina mampu bertelur enam biji sehari. Telur ini selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur ini akan menetas selepas lebih kurang 8 hari.

Tanda-Tanda Adanya Kutu Kepala

1. Gatal yang kuat pada permukaan kepala. Ini disebabkan oleh zat yang terkandung di dalam air liur kutu kepala.

2. Tanda-tanda merah pada permukaan kepala, leher dan belakang telinga. Tanda-tanda bengkak terlihat di belakang telinga.

3. Terdapatnya telur-telur kutu yang kecil. Ia nampak bersinar dan berwarna putih. Ia terlihat seperti ketombe tetapi tidak mudah dikeluarkan.

Cara Kutu Rambut Menyebar

Kutu kepala mudah untuk berkembangbiak,berpindah dan menyebar dari rambut kepala satu orang ke orang yang lainya secara langsung dengan cara :

1. Melalui sisir rambut. Penggunaan sebuah sisir rambut untuk dipakai beramai-ramai adalah hal yang umum ditemui di banyak keluarga apalagi apabila sisir dipakai juga oleh orang lain misalnya tetangga dan lain sebagainya.

2. Perhiasan rambut. Seperi jepit rambut, bando dan lain sebagainya caranya sama halnya dengan sisir rambut.

3. Penutup kepala seperti topi, kerudung, peci apabila di pakai oleh lebih dari satu orang.

4. Melalui bantal
.

Cara Mencegah dan Menghilangkan Kutu Kepala

Cara mencegah kutu kepala atau kutu rambut adalah sebagai berikut :

1. Hindari kontak langsung melalui media atau alat yang di gunakan ke kepala dan rambut kepala yaitu dengan tidak memakai alat dan media seperti sisir rambut, topi, kerudung, bantal lebih dari satu orang.

2. Andaikan sisir rambut sisir rambut, topi, kerudung, bantal dan lain sebagainya di gunakan oleh lebih dari satu orang pastikan saat di pakai dalam keadaan bersih.

3. Selalu merawat rambut kepala anda dengan selalu mencuci dan keramas rambut kepala anda.

Cara membasmi kutu kepala adalah sebagai berikut :

1. dengan cara alami

-  Cuci rambut dengan air cuka

Cuka akan bekerja mengatasi kutu rambut dengan meresap ke dalam helai-helai rambut dan merontokkan telur-telur serangga ini. Kadar keasamannya yang tinggi akan mematikan telur-telur tersebut. Anda bisa mengoleskan cuka langsung ke kulit kepala, atau jika tidak tahan dengan baunya, Anda bisa mencampurnya dengan air terlebih dahulu.

- Gunakan minyak zaitun

Sejak zaman dahulu, orang-orang memanfaatkan minyak zaitun sebagai obat alami untuk mengatasi kutu kepala . Anda bisa mengoleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan ini akan membuat kutu rambut menjadi lemas. Minyak zaitun juga mematikan telur-telur kutu. Gunakan setiap malam selama satu minggu, dan lihat hasilnya.

- Dengan menggunakan bawang

Sediakan 5 siung bawang merah, kupas dan parut. Parutan bawang merah ini dioleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Ingat, harus benar-benar merata. Diamkan selama dua jam dan keramas menggunakan shampo untuk menghilangkan bau bawang.

-  Gunakan ekstrak minyak kelapa

Banyak sekali merek minyak kelapa yang bisa Anda gunakan untuk perawatan rambut. Namun ternyata manfaatnya bukan hanya untuk menyehatkan rambut saja, tetapi juga mematikan kutu rambut yang membandel. Pakai minyak kelapa seperti biasanya, tutup rambut dengan shower-cap atau plastik apa saja, lalu bilas di pagi harinya. Lakukan ini selama seminggu secara rutin.

-  Minyak kayu putih dan jeruk nipis

Minyak kayu putih tidak hanya digunakan untuk menghangatkan tubuh, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu kepala. Caranya, siapkan empat sendok makan minyak kayu putih dan satu buah jeruk nipis. Peras air jeruk nipis dan masukkan ke dalam 4 sendok makan minyak kayu putih, aduk rata. Oleskan ramuan ini ke rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih 2 jam, setelah itu cuci bersih dan keramas dengan shampo.

2. Dengan menghubungi dokter

Apabila cara-cara alami yang digunakan untuk menghilangkan kutu kepala atau kutu rambut tidak ampuh dan gatal-gatal dikepala anda tidak bisa di hentikan yang membuat iritasi dan infeksi di kulit kepala anda maka anda harus segera menghubungi dokter ahli sesegera mungkin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Referensi
Head Louse. http://en.wikipedia.org/wiki/Head_louse. ( 15 april 2014 )
Dan berbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar