Sabtu, 12 April 2014

Alligator


Mengenal Alligator Si Kerabat Buaya

Kalau anda melihat alligator pasti anda akan berpikiran sama dengan banyak orang bahwa binatang ini sangat mirip secara fisik dengan buaya tetapi kalau anda sangat jeli maka akan terlihat beberapa perbedaan walaupun mereka masih berkerabat dekat yaitu famili crocodilian adapun perbedaan alligator dan buaya adalah sebagai berikut :

perbedaan alligator dan buaya


1. Bagian mulut alligator lebih lebar sedangkan buaya mempunyai mulut agak memanjang dan membentuk huruf V.

2. Bibir alligator tampak rapi menutupi gigi sedangkan buaya banyak terlihat gigi yang keluar dari bibir, walaupun dalam keadaan mulut tertutup. Khususnya gigi keempat bagian bawah.

3. Alligator cenderung lebih pemalu dan akan berusaha menjauh apabila manusia mendekatinya sedangkan buaya lebih agresif dan akan menyerang bagi apapun termasuk manusia bila mendekatinya.

4.Alligator mempunyai penampilan lebih gelap daripada buaya.

5. Alligator hanya akan ditemukan di Amerika Serikat dan China sedangkan buaya dapat ditemukan di seluruh dunia.

6. habitat alligator hanya bisa hidup di air tawar sedangkan buaya beberapa spesiesnya dapat hidup di air laut atau air asin.

Seperti Apa Alligator Itu

Alligator  adalah buaya dalam genus Alligator keluarga Alligatoridae. Nama alligator diambil dari bahasa Spanyol el laganto yang dalam bahasa Inggris berarti kadal. Alligator amerika yang telah dewasa panjangnya bisa mencapai 4 m namun ada beberapa yang panjangnya bisa mencapai 4,4 m sedangkan berat binatang ini adalah 360 kg  tapi ada beberapa yang bisa mencapai berat 450 kg. Alligator China ukurannya lebih kecil daripada alligator Amerika  yang ukuran panjangnya maksimal hanya mencapai 2,1 m  dan sangat jarang melebihi ukuran tersebut.

Habitat dan Apa yang di Makan Alligator

Alligator  Amerika hidup dalam lingkungan air tawar , seperti kolam , rawa-rawa , lahan basah , sungai, danau , dan rawa-rawa , serta di lingkungan payau .

Terdapat 2 spesies alligator di dunia :

1. Alligator China (Alligator sinensis)

2. Alligator Amerika (Alligator mississipiensis)

Ada dua negara di dunia yang memiliki alligator: Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok. Alligator China terancam punah dan mereka hanya  tinggal di lembah Sungai Yangtze dengan hanya beberapa lusin diyakini tersisa di alam liar. Alligator Amerika ditemukan di Amerika Serikat dari Carolina sampai Florida dan sepanjang Gulf Coast. Mayoritas Alligator Amerika tinggal di Florida dan Louisiana. Di Florida sendiri, terdapat lebih dari 1 juta alligator. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang memiliki keduanya, alligator dan buaya. Alligator Amerika tinggal di lingkungan air tawar, seperti kolam, rawa-rawa, daratan basah (wetland), dan sungai. Di Tiongkok, mereka hanya tinggal di sepanjang Sungai Yangtze.

Makanan alligator tergantung pada usia dan ukuran mereka. Ketika muda alligator makan ikan kecil , serangga , siput , krustasea , dan cacing . Pada saat mulai dewasa mereka memangsa  mangsa yang semakin besar seperti  ikan yang lebih besar, kura-kura , dan berbagai mamalia  seperti musang  juga memangsa burung , rusa , dan reptil lainnya. Kalau mereka sangat lapar dan sulit mendapatkan mangsa Mereka tak akan segan mengkonsumsi bangkai.
 

Perilaku

Alligator adalah hewan yang hidup sendiri. Spesies terbesarnya jantan dan betina akan mempertahankan wilayah utamanya. Mangsa utama alligator adalah hewan yang lebih kecil yang dapat mereka bunuh dan makan dalam satu gigitan. Alligator kadang-kadang juga memangsa hewan yang lebih besar dengan cara mencengkramnya dan menenggelamkannya di dalam air.

Cara Alligator Berkembang Biak

Alligator adalah hewan yang berkembangbiak secara musiman. Masa kawin pada musim semi ketika air hangat . Pada bulan April dan Mei , buaya membentuk apa yang disebut " berteriak chorus " . Kelompok besar hewan dibawah bersama selama beberapa menit beberapa kali sehari , biasanya satu sampai tiga jam setelah matahari terbit. Alligator berkembangbiak secara bertelur.

Referensi
Alligator. http://en.wikipedia.org/wiki/Alligator. ( 31 maret 2014 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar